Xiaomi Tips Aplikasi Sistem Yang Aman Untuk Dihapus dan Dibekukan

Xiaomi Tips: Aplikasi Sistem Yang Aman Untuk Dihapus dan Dibekukan

 

Xiaomi Tips Aplikasi Sistem Yang Aman Untuk Dihapus dan Dibekukan
Xiaomi Tips Aplikasi Sistem Yang Aman Untuk Dihapus dan Dibekukan

Hampir semua merk smartphone android hadir dengan membawa banyak bloatware. Tidak terkecuali dengan smartphone yang dikeluarkan oleh pabrikan asal Tiongkok yang satu ini, Xiaomi. Apa itu bloatware? Bloatware adalah aplikasi-aplikasi yang terinstall secara default, padahal tidak dibutuhkan dan tidak digunakan oleh pengguna.

Beberapa bloatware ada yang bisa dihapus dengan cara biasa, klik uninstall, beres. Namun, sebagian besar bloatware ada yang “ditanam” sebagai aplikasi sistem yang membuatnya sangat sulit untuk dihapus. Jalan satu-satunya adalah dengan melakukan root pada perangkat dan menggunakan aplikasi seperti Link2SD untuk menghapus aplikasi-aplikasi bloatware tersebut.

Jika ingin tahu bagaimana cara menghapus aplikasi bloatware yang tertanam sebagai aplikasi sistem, kamu bisa membaca bagaimana cara menggunakan Link2SD yang pernah saya tulis disini. Namun, jangan sampai salah membedakan antara bloatware dan aplikasi sistem. Jika salah hapus, bisa berbahaya untuk smartphone Xiaomi kamu.

Jika kamu menggunakan smartphone Xiaomi yang menggunakan MIUI 8, berikut ini adalah daftar bloatware yang aman untuk kamu hapus atau bekukan.

Akun Mi (XiaomiAccount.apk)

Catatan: jika sebelumnya anda sedang dalam keadaan login ke akun MIUI, log out terlebih dahulu sebelum menghapus atau membekukan aplikasi ini. Aplikasi ini cukup memakan RAM karena berjalan sepanjang hari dilatar belakang, saya sendiri lebih memilih menonaktifkannya karena tidak terlalu sering menggunakan Akun Mi.

Analytics (AnalyticsCore.apk)

Aplikasi ini merekam kegiatan kamu dalam menggunakan smartphone Xiaomi dan mengirimkan data-datanya ke server Xiaomi. Data-data tersebut digunakan untuk keperluan pengembangan dan meningkatkan produk MIUI. Aplikasi ini aman untuk dihapus atau dibekukan.

Android Live Wallpapers (LiveWallpapers.apk)

Selain LiveWallpapers.apk, aplikasi-aplikasi lain yang masih berhubungan dengan live wallpaper juga sangat aman untuk dinonaktifkan atau dihapus. Tidak akan berpengaruh terhadap sistem sama sekali. Konesekuensinya hanya kamu tidak akan bisa menggunakan live wallpaper.

Android System WebView (WebViewGoogle.apk)

Aplikasi ini fungsinya untuk melihat link dari suatu aplikasi agar terlihat seperti bagian dari aplikasi tersebut. Aman untuk dihapus ataupun dinonaktifkan.

Catatan (Notes.apk)

Jika kamu tidak pernah menggunakan aplikasi catatan bawaan Xiaomi, kamu bisa menghapus atau membekukannya.

Cuaca (Weather.apk)

Aplikasi ini untuk melihat prakiraan cuaca hari ini, besok, dan seminggu kemudian. Jika kamu tidak memerlukannya, aplikasi ini aman untuk dihapus atau dibekukan.

Email (Email.apk)

Xiaomi punya aplikasi email bawaan yang sangat bagus, lebih bagus dari aplikasi Gmail. Namun jika anda tidak

menggunakannya, anda bisa menghapus aplikasi ini dengan aman.

Google Keyboard (LatinImeGoogle.apk)

Aplikasi keyboard bikinan Google ini juga tertanam sebagai aplikasi sistem. Kamu bisa menghapusnya secara aman. Sebelum menghapus, pastikan ada aplikasi keyboard lain yang sudah terpasang.

Kalendar (Calendar.apk)

Aplikasi kalendar untuk melihat tanggal, membuat planning, dan lain-lain. Jika kamu jarang menggunakannya, kamu bisa menghapus atau membekukannya.

Kalkulator (Calculator.apk)

Saya jarang menggunakan kalkulator di smartphone, karenanya saya menghapus aplikasi ini. Anda juga dapat melakukkan hal yang sama tanpa takut sistem anda terganggu.

Masukan (BugReport.apk)

Sebenarnya aplikasi ini sangat berguna untuk kamu yang sering melaporkan bug. Namun karena MIUI 8 sangat jarang sekali ditemukan bug, rasanya aplikasi ini tidak dibutuhkan lagi. Kamu bisa menghapusnya jika mau.

Google Text-to-speech (base.apk)

Hapus saja.

Mi Credit (PaymentService.apk)

Tidak terlalu berguna untuk pengguna Xiaomi di indonesia. Aman untuk dihapus.

Mi Picks (MiPicks.apk)

Tidak berguna. Aman dihapus.

msa (SystemAdSolution.apk)

Kamu pasti sering melihat iklan di bilah notifikasi bukan? Itu adalah ulah dari aplikasi ini. Hapus atau bekukan jika kamu tidak ingin melihat iklan di smartphone Xiaomi kamu lagi.

Pemindai (MiuiScanner.apk)

Sangat jarang digunakan. Bahkan seumur-umur, saya benar-benar tidak pernah menggunakannya. Untungnya, aplikasi ini sangat aman untuk dihapus.

Perekam (SoundRecorder.apk)

Aplikasi untuk merekam suara. Jika kamu tidak membutuhkannya, kamu bisa menghapus atau membekukannya.

Radio FM (FM.apk)

Jika jarang mendengarkan radio, kamu bisa menghapus atau membekukan aplikasi ini.

Itu dia deretan aplikasi sistem di smartphone Xiaomi (terutama MIUI 8) yang aman untuk dihapus atau dibekukan. Smartphone yang saya gunakan adalah Xiaomi Mi4i. Beberapa smartphone Xiaomi dengan tipe berbeda mungkin memiliki aplikasi sistem yang berbeda.

Sumber:

https://galleta.co.id/star-realms-apk/