Tips dan Cara Merawat (Memelihara) Kucing Anggora yang Baik

Tips dan Cara Merawat (Memelihara) Kucing Anggora yang Baik

Tips dan Cara Merawat (Memelihara) Kucing Anggora yang Baik
Tips dan Cara Merawat (Memelihara) Kucing Anggora yang Baik

Panduan Lengkap Tips dan Cara Merawat (Memelihara) Kucing Anggora

Yang Baik – Kucing anggora adalah hewan kecil jenis karnivora yang merupakan jenis kucing yang menjadi hewan kesayangan populer selain ras kucing persia pada saat ini. Merupakan jenis kucing yang berbulu panjang tetapi basanya hanya pada bagian-bagian tertentu saja. Hewan ini berasal dari Kota angora, Turki. Untuk lebih jelasnya silahkan terlebih dahulu membaca artikel sebelumnya mengenai” Kucing Anggora :Mengenal Sejarah (Asal-usul) Kucing Anggora Serta Karakternya”.

cara merawat kucing anggora, cara memelihara kucing anggora, tips merawat kucing anggora, tips memelihara kucing anggora, perawatan kucing anggora ,cara merawat kucing anggora ,cara perawatan kucing anggora ,cara merawat kucing angora

Cara Merawat Kucing anggora

Jika sudah, silahkan lanjutkan membaca artikel ini dengan seksama!. Karena kucing ini cendrung untuk berbulu panjang dari kucing biasa dan juga bukan berasal negara Indonesia, mungkin saudara akan menemui sedikit perbedaan dalam perawatan kucing anggora pada artikel ini. Pada prinsipnya cara merawat kucing anggora mirip atau hampir sama dengan merawat kucing kucing persia.

Kenapa demikian??? Karena kucing anggora dan persia memilik beberapa kesamaan pada morfologinya, khususnya pada bulu hewan tersebut. Saya harap anda sudah paham akan masala ini, sekarang silahkan simak tips dan cara perawatan kucing anggora dibawah ini.
Tips dan Cara Merawat(Memelihara) Kucing Anggora yang Baik :
I. Tips dan Cara Perawatan Kucing Anggora Yang Baru Sampai Dirumah
Pertama kali kucing sampai dirumah, kucing akan mengalami boleh dikatakan sebagai masa linglung. Biasanya akan menunjukkan perilaku yang tidak normalnya, akibat dari pergantian lingkungan ke lingkungan yang baru yaitu, rumah anda. Angora perlu beradaptasi lagi dengan lingkungannya untuk terbiasa.

Bebereapa kemngkinan yang bisa terjadi ketika kucing baru sampai dirumah :

1. kurang PD (Percaya Diri) atau stress untuk sementara
2. Nafsu makannya berkurang
3. Suka bersembunyi, seperti ketakutan gitu..
4. Bila didekati, menjauh
5. Akan berontak apabila dipegang
6. dll.
Namun anda tidak perlu khwatir, karena kucing anggora termasuk hewan yang mudah beradaptasi, sehingga mudah untuk angora mengatasi hal tersebut. Dan hal-hal diatas normal-normal saja terjadi pada hewan baru. Untuk membantu kucing beradaptasi, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan, yaitu :
1. Tempatkan kucing anda pada kandang yang aman dan lokasi yang nyaman

2. Usahakan makanan dan minuman selalu tersedia didalam kandang.

3. Sediakan dalam kandang pasir khusus kucing, yang ditempatkan dalam kotak.

4. Berikan kasih sayang pada kucing dan penuh kelembutan, serta seringlah lakukan interaksi yang penuh dengan kelembutan dengan hewan kesayangan anda tersebut.
Catatan : untuk pakan, lebih baik jangan diganti terlebih dahulu. Atau bisa juga memberikan makanan yang diberikan pada tempat sebelumnya. Diharapkan dengan mengikuti langka-langkah diatas, dapat membantu kucing untuk beradapatasi dengan lingkungannya yang baru.
II. Perlengkapan Kucing Anggora
Perlengkapan dapat berfungsi sebagai penunjang dalam perwatan kucing anggora untuk lebih baik, dan juga sebagai hiasan untuk mempercatik kandang. Berikut beberpa perlengkapan tersebut, antara lain :
1. Kandang, hendaklah kandang tersebut dapat membuat kucing merasa aman dan nyaman untuk mengekspresikan perilaku alaminya. Tidak harus yang mahal, jika yang murah lebih baik mengapa ngga? Tapi jika anda ingin yang mahal juga boleh, tetapi prinsip keamanan da kenyamanannya harus anda perhatikan. Jika anda tidak mau mengeluarkan biaya yang terlalu banyak untuk kandang, anda dapat membuatnya sendiri. Untuk mebuat kandang kucing sendiri, silahkan baca artikel terdahulu mengenai “Panduan Cara Membuat Kandang Kucing Keren Sendiri”.
2. Tempat makanan kucing, sudah banyak tersedia di Petshop. Jika and pengen hemat dapat juga menggunakan mangkok.
3. Tempat minum
4. Kotak Pasir dan Pasir khusus kucing
5. Ayakan, berfungsi untuk memisahkan kotoran kucing dan pasir. Sehingga suasana kandang tetap bersih dan hemat.

Baca Juga :