Tips Agar Tidak Rentan Terkena Flu

Tips Agar Tidak Rentan Terkena FluTips Agar Tidak Rentan Terkena Flu

Dalam kondisi cuaca yang tidak menentu seperti sekarang, virus flu paling mudah menyebar. Menjaga diri adalah ide yang terbaik karena bila sudah terinfeksi flu sangat mengganggu produktivitas. Ikuti beberapa Tips Agar Tidak Rentan Terkena Flu. Bila sudah terserang flu, obat-obatan yang diresepkan hanya untuk menekan gejala dan membantu sementara. Untuk itu, lebih baik mencoba beberapa cara alami untuk mencegah diri terinfeksi flu.

Tips Agar Tidak Rentan Terkena Flu
Flu karena serangan virus influenza

Mengenal Penyakit Influenza

ang lebih dikenal dengan sebutan flu, merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus RNA dari famili Orthomyxoviridae (virus influenza), yang menyerang unggas dan mamalia. Gejala yang paling umum dari penyakit ini adalah menggigil, demam, nyeri tenggorok, nyeri otot, nyeri kepala berat, batuk, kelemahan, dan rasa tidak nyaman secara umum.

Walaupun sering tertukar dengan penyakit mirip influenza lainnya, terutama selesma, influenza merupakan penyakit yang lebih berat dibandingkan dengan selesma dan disebabkan oleh jenis virus yang berbeda Influenza dapat menimbulkan mual, dan muntah, terutama pada anak-anak, namun gejala tersebut lebih sering terdapat pada penyakit gastroenteritis, yang sama sekali tidak berhubungan, yang juga kadangkala secara tidak tepat disebut sebagai “flu perut.” Flu kadangkala dapat menimbulkan pneumonia viral secara langsung maupun menimbulkan pneumonia bakterial sekunder.

Berikut beberapa metode alami yang mudah dan dapat menjauhkan Anda dari serangan flu, Tips Agar Tidak Rentan Terkena Flu seperti dilansir onlymyhealth.

1. Minum minuman hangat

Sup dan teh adalah minuman yang paling disukai selama musim dingin. Panas dari minuman-minuman ini akan ditransfer dari kerongkongan ke saluran pernapasan. Ini mengendurkan lendir dan memungkinkan Anda untuk mengeluarkan dahak dengan mudah. Selain itu, minuman hangat ini juga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga Anda tidak mudah terserang flu. Selain teh, contoh lain adalah lemon hangat dan wedang jahe.

2. Banyak minum air putih

Mengonsumsi banyak cairan baik dari air putih atau jus bisa membantu menggantikan cairan yang hilang akibat demam dan mengevaporasi saluran pernapasan. Kondisi ini akan membantu melonggarkan lendir yang membuat seseorang merasa lebih baik. Tubuh yang terhidrasi dengan baik juga membuat tubuh Anda berfungsi dengan baik sehingga minum cukup air juga bisa menjauhkan Anda dari risiko infeksi.

3. Berhenti merokok

Data statistik menunjukkan bahwa perokok berat lebih mungkin menderita flu dan gangguan pernapasan parah, karena rokok dapat mengeringkan rongga hidung dan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.

4. Kurangi konsumsi alkohol

Alkohol tidak hanya menyebabkan dehidrasi tubuh tetapi juga membuat Anda rentan tertular flu dengan cara lain. Makin berat Anda minum, semakin besar kemungkinan untuk mendapatkan terinfeksi dan menderita komplikasi.

5. Berkumur air garam

Air garam membawa banyak bantuan untuk mengurangi rasa tidak enak dari sakit tenggorokan. Garam juga dapat menarik keluar kelebihan air dalam jaringan tenggorokan, mengurangi peradangan, dan membersihkan lendir dan meringankan iritasi di tenggorokan. Cara ini juga dapat menghindari Anda dari infeksi flu.

Bila Sudah Terkena Flu Lakukan Tips Berikut.

Orang yang menderita flu disarankan untuk banyak beristirahat, meminum banyak cairan, menghindari penggunaan alkohol dan rokok, dan apabila diperlukan, mengonsumsi obat seperti asetaminofen (parasetamol) untuk meredakan gejala demam dan nyeri otot yang berhubungan dengan flu. Anak-anak dan remaja dengan gejala flu (terutama demam) sebaiknya menghindari penggunaan aspirin pada saat infeksi influenza (terutama influenza tipe B), karena hal tersebut dapat menimbulkan Sindrom Reye, suatu penyakit hati yang langka namun memiliki potensi menimbulkan kematian. Karena influenza disebabkan oleh virus, antibiotik tidak memiliki pengaruh terhadap infeksi; kecuali diberikan untuk infeksi sekunder seperti pneumonia bakterialis. Pengobatan antiviral dapat efektif, namun sebagian galur inflenza dapat menunjukkan resistensi terhadap obat-obat antivirus standar.

 

Sumber: https://movistarnext.com/apple-kembangkan-kacamata-pintar-berkamera-3d/