Sistematika Makalah

Sistematika Makalah

Sistematika Makalah

  • Bab Pendahuluan

Pendahuluan adalah keterangan yang memuat persoalan atau latar belakang sebuah tema yang akan dibahas. Dalam pendahuluan biasanya meliputi :


  1. latar belakang masalah
  2. fokus dan rumusan masalah
  3. prosedur pemecahan masalah
  4. Manfaat
  5. sistematika uraiannya

Namun pada umumnya dalam pembuatan makalah, banyak mereka yang hanya membuat latar belakang masalahnya saja, atau hanya mencantumkan kata pendahuluan saja. Dan cara ini juga bisa diterima tanpa membuat fokus, rumusan, manfaat serta sistematikan dalam pembuatan makalah. Pada dasarnya pada bab pendahuluan ini hanya ditulis dengan lengkap pada pembuatan skripsi, tesis dan disertasi, sedangkan pada makalah hanya membuat pendahuluan atau latar belakang masalahnya saja.


  • Bab Pembahasan

  • Isi

Isi adalah bagian utama yang memuat tentang kemampuan penulis dalam mendemonstrasikan kemampuannya untuk menjawab persoalan atau masalah yang dibahasnya. Pada bagian isi boleh terdiri dari lebih satu bagian dan bisa menjadi sub bagian sesuai dengan permasalahan yang dikaji.


  • Bab Penutupan

Penutupan adalah bagian yang memuat pemaknaan dari penulis terhadap diskusi atau pembahasan masalah berdasarkan kriteria dan sumber-sumber literatur atau data lapangan. Adapun bahagian dari penutupan terdiri dari

  1. Kesimpulan

Kesimpulan ini mengacu kepada hasil pembahasan permasalahan dan bukan merupakan ringkasan dari isi makalah.

  1. Saran

Saran memuat tentang pendapat penulis mengenai sesuatu yang disarankan atau memuat opini penulis untuk kepentingan tema dari sebuah pembahasan dari makalah yang dibuat.


Sumber: https://www.tokoislam.co.id/vandals-full-apk/