SISTEM MEMORI

SISTEM MEMORI

SISTEM MEMORI
SISTEM MEMORI

Sistem Memori adalah  komponen-komponen elektronik yang menyimpan perintah- perintah yang menunggu untuk dieksekusi oleh prosesor, data yang diperlukan oleh instruksi (perintah) tersebut dan hasil-hasil dari data yang diproses (informasi). Memori biasanya terdiri atas satu chip atau beberapa papan sirkuit lainnya dalam prosesor. Memori komputer bisa diibaratkan sebagai papan tulis, dimana setiap orang yang masuk kedalam ruangan bisa membaca dan memanfaatkan data yang ada tanpa merubah susunan yang tersaji. Data yang diproses oleh komputer, sebenarnya masih tersimpan di dalam memori, dan dalam hal ini komputer hanya membaca data dan kemudian memprosesnya. Satu kali data tersimpan di dalam memori komputer, maka data tersebut akan tetap tinggal disitu selamanya. Setiap kali memori penuh, maka data yang ada bisa dihapus sebagian ataupun seluruhnya untuk diganti dengan data yang baru.

TEKNOLOGI DAN BIAYA SISTEM MEMORI
Ada 2 teknologi yang mendominasi industri memori sentral dan memori utama, yaitu :

  1. Memori Magnetic Core (tahun 1960)

Sel penyimpanan yang ada dalam memori inti dibuat dari elemen besi yang berbentuk donat yang disebut magnetic core (inti magnetis) atau hanya disebut core saja. Para pembuat (pabrikan) yang membuat core ini menyusun core plane bersama dengan sirkuit lain yang diperlukan, menjadi memory banks (bank memori).
Magnetic Core Storage merupakan suatu bentuk media penyimpan magnetik yang terdiri dari inti-inti magnetik. Penyimpanan magnetik menggunakan pola magnetisasi yang berbeda. Permukaan magnetis dilapisi untuk menyimpan informasi. Penyimpanan magnetik adalah non-volatile. Informasi yang diakses menggunakan satu atau lebih membaca/menulis kepala yang mungkin berisi transduser satu atau lebih rekaman. A baca/tulis hanya mencakup kepala bagian permukaan, sehingga kepala atau menengah atau keduanya harus dipindahkan relatif terhadap yang lain untuk akses data.
Pada komputer modern, penyimpanan magnet akan mengambil bentuk magnetic disk, dan floppy disk yang digunakan untuk penyimpanan off-lineHard disk drive digunakan untuk penyimpanan sekunder, Magnetic tape penyimpanan data yang digunakan untuk penyimpanan tersier dan penyimpanan off-line. Pada awal penyimpanan komputer, magnet juga digunakan untuk penyimpanan primer dalam bentuk drum magnetik, atau memori inti, memori inti tali, memori film tipis, twistor memori atau memori gelembung. Magnetic tape sering digunakan untuk penyimpanan sekunder.
Magnetic Core Storage terdiri dari ribuan cincin magnetic kecil berukuran diameter 18 mm dengan lubang diameter 10 mm. Tiap core dihubungkan dengan kabel kawat membentuk satu bidang core (core plane). Beberapa core plane ditumpuk satu diatas yang lain membentuk satuan tumpukan (core stack).

Sumber : http://syifa.student.ittelkom-pwt.ac.id/baseball-apk/