Lensa, sering disebut sebagai kantilever, adalah alat untuk mengumpulkan atau menyebarkan cahaya, biasanya terbentuk dari potongan kaca yang terbentuk. Perangkat serupa digunakan dengan jenis lain dari radiasi elektromagnetik, juga disebut lensa, misalnya lensa microwave dapat dibuat dari “lilin parafin”.

Lensa tertua yang direkam di Yunani kuno mengacu pada pembakar (lensa cembung yang digunakan untuk memusatkan sinar matahari dan membuat api) di teater Aristophanes The Clouds (424 SM).

Lensa

Tulisan Pliny the Elder (23-79) juga menunjukkan bahwa pembakar kaca juga dikenal oleh Kekaisaran Romawi, dan juga diyakini sebagai penggunaan pertama lensa tetap. .

Seneca the Younger (3 SM – 65 SM) menjelaskan efek perluasan gelas bundar yang diisi air. Ahli matematika Muslim Arab Alhazen (Abu Ali al-Hasan Ibn Al-Haitham) (965-1038) menjelaskan teori optik pertama dan utama bahwa lensa di mata manusia membentuk gambar pada retina yang saya tulis. Penggunaan lensa secara luas mungkin tidak terjadi sampai kacamata ditemukan di Italia pada 1280-an.

konstruksi

Struktur lensa yang paling umum adalah lensa bola, yang merupakan lensa dengan antarmuka lengkung bola yang merupakan kelengkungan bola bola dengan radius bola tertentu (en: radius kelengkungan). Notasi radius yang digunakan adalah R, yang positif ketika antarmuka ditekuk dari pusat lensa dan disebut antarmuka cembung (en: cembung). Notasi negatif digunakan untuk permukaan batas cekung (en: permukaan cekung) yang melengkung ke dalam menuju pusat lensa.
Lensa sederhana

  • 1 – lensa bikonveks simetris.
    2 – Lensa bikonveks asimetris
    3 – Lensa cembung datar.
    4 – lensa meniskus positif.
    5 – lensa bikonkaf simetris.
    6 – Lensa bikonkaf asimetris
    7 – lensa plano-cekung
    8 – lensa meniskus negatif.

Lensa sederhana (id: lensa sederhana, lensa tunggal) atau kadang-kadang disebut lensa adalah lensa bola tunggal.

Lensa sederhana dibedakan berdasarkan kelengkungan kedua bidang antarmuka. Lensa cembung (id: lensa bikonveks) memiliki dua permukaan sambungan cembung, dan lensa dengan dua permukaan cekung disebut lensa cekung (id: lensa bikonkaf). Jika salah satu antarmuka datar (memiliki jari-jari tak terbatas), lensa itu disebut lensa flip chart cembung atau lensa datar cekung. Lensa cembung cekung memiliki satu daerah permukaan batas cekung dan satu daerah permukaan batas cembung, yang juga disebut lensa meniskus (en: lensa meniskus).

Lensa sederhana sangat lemah terhadap penyimpangan kromatik dan penyimpangan optik lainnya.
lensa cembung
Sosok pencarian ringan dari lensa konvergen
lensa cekung

Rumus

Dalam lensa cembung, cahaya yang merambat melalui dua antarmuka dibiaskan (terfokus) ke titik pada sumbu optik lensa yang disebut focal length (en: focal length). Lensa cembung dalam bahasa Inggris juga disebut lensa positif atau lensa konvergen. Lensa cembung membentuk fokus pada sisi berlawanan dari pembuat lensa: [1]

1 S 1 + 1 S 2 = 1 f

S 2
Panjang fokus f adalah rentang fokus, dan untuk lensa cekung negatif.

Dan rumus pembesaran lensa:

M = – S 2 S 1 = ff – S 1

lensa cekung

Dalam lensa cekung, berkas propag dibiaskan dari sumbu optik lensa ke titik yang merupakan proyeksi virtual balok, seperti yang ditunjukkan.
Lensa meniskus

Lensa meniskus (mis., Lensa meniskus, lensa oftalmik) atau lensa cembung cekung dapat berupa lensa positif atau lensa negatif tergantung pada jari-jari bola dari dua permukaan batas. Untuk nilai-nilai dari jari-jari yang sama, cahaya propagasi tidak dibiaskan. Lensa meniskus positif membiaskan cahaya seperti lensa cembung. Lensa ini memiliki antarmuka cembung dengan radius bola yang lebih kecil. Sebaliknya, lensa meniskus negatif memiliki antarmuka cekung dengan radius bola yang lebih kecil.
Lensa tipis

Lensa tipis (en: lensa tipis) adalah lensa dengan ketebalan sangat tipis dibandingkan dengan nilai panjang fokus.
Lensa asperis
Lensa cembung asferis
1: penampang lensa Fresnel
2: Penampang lensa cembung dengan pembesaran yang sama

Lensa asferis (id: lensa asferis, lensa asferis) memiliki permukaan batas dengan lengkungan bidang gambar yang bukan bidang bulat. Lensa asferis dapat digunakan

Sumber : https://rumusbilangan.com/