Rumah Tangga

Rumah TanggaRumah Tangga

Ø  Hubungan dengan Perusahaan

Pada awalnya rumah tangga menjual SDM yang dimilikinya kepada perusahaan.Dari interaksi antara rumah tangga dan perusahaan dipertemukan pada pasar tenanga kerja.Kemudian dari penjualan SDM tersebut, rumah tangga mendapat penghasilan yang terdiri dari sewa, bunga, upah dan profit.Hal ini dipertemukan dalam pasar uang dan lembaga keuangan.

Ø  Hubungan dengan Pemerintah

Dalam hubungan ini rumah tangga menyetorkan sejumlah uang sebagai pajak kepada pemerintah dan  rumah tangga menerima penerimaan berupa gaji, bunga, penghasilan non balas jasa dari pemerintah (berupa hasil dari pajak)

Ø  Hubungan dengan Negara lain

Untuk mencapai hubungan dengan Negara lain, rumah tangga harus melewati pasar barang dan pasar luar negeri. Rumah tangga mengimpor barang dan jasa dari luar negeri untuk memenuhi kebutuhan hidup.

  1. b)Perusahaan

Ø  Hubungan dengan Rumah Tangga

Perusahaan menghasilkan produk-produk berupa barang dan jasa yang dikonsumsi oleh masyarakat.Lalu perusahaan mendapatkan penghasilan dari penjualan produknya.Interaksi tersebut dipertemukan dalam pasar barang.Pasar barang adalah pasar yang mempertemukan penawaran dan permintaan barang dan jasa.Pasar barang sering diistilahkan dengan sector riil.

Recent Posts