Resep Tumis Bunga Pepaya dan Tips Ampuh Agar Tidak Pahit

Tips mudah dan sederhana cara memasak bunga pepaya agar tidak pahit dengan bumbu resep tumis praktis ini ampuh membuat bunga pepaya benar-benar enak dan lezat dinikmati tanpa rasa pahit yang mengganggu di lidah.
Resep Tumis Bunga Pepaya
Kembang kates atau bunga pepaya diyakini kaya akan khasiat dan manfaat bagi kesehatan. Namun rasanya yang pahit cukup mengganggu selera makan jika kita mengolahnya secara langsung menjadi masakan sehari-hari di rumah.

Untuk menghilangkan rasa pahit, bunga pepaya memang perlu diolah terlebih dahulu dengan bermacam trik dan berbagai cara, seperti warisan leluhur dengan tanah liat dan lain sebagainya. Salah satu di antaranya adalah tips yang mudah namun ampuh agar tidak pahit seperti yang diterapkan pada resep tumis bunga pepaya berikut ini.

Bunga pepaya yang direbus bersama air garam dan asam jawa sangat ampuh untuk mengurangi dan menetralisir rasa pahit tersebut. Supaya lebih ampuh kali ini dilakukan 2 kali perebusan, pertama dengan rebusan air dan garam selanjutnya rebus lagi dengan air dan asam jawa.

Mudah dan sederhana, tetapi hasilnya menjadi masakan tumis bunga pepaya yang tidak pahit di lidah, namun juga tidak menghilangkan ciri khas cita rasa dan aromanya, sehingga menjadi santapan yang enak dan lezat.

Bahan Bumbu Tumis Bunga Pepaya :

250 gram bunga pepaya
2 sdm garam dan 1 sdm asam jawa untuk merebus bunga pepaya
2 siung bawang putih dan 3 butir bawang merah, dihaluskan
2 sdm saus tiram
½ sdt garam
½ sdt kaldu bubuk atau penyedap
Minyak untuk menumis
Bumbu iris :
1 buah bawang bombay
1 batang daun bawang
2 buah cabe merah besar
1 buah tomat merah
Cara Memasak Bunga Pepaya

Cara Membuat Tumis Bunga Pepaya :
Petik bunga pepaya (termasuk batang-batang yang kecilnya saja atau lihat sesuai gambar dalam baskom diatas), cuci bersih kemudian rebus dengan air secukupnya hingga terendam bersama 2 sendok makan garam. Setelah mendidih dan layu, lalu buang air rebusan.
Selanjutnya rebus kembali bunga pepeya dengan air secukupnya bersama 1 sendok makan asam jawa sampai benar-benar mendidih. Matikan api, berikutnya cuci bersih kembali dan tiriskan.
Panaskan secukupnya minyak dalam wajan, tumis bawang merah dan bawang putih halus serta bumbu iris hingga harum.
Masukkan bunga pepaya, aduk kemudian beri garam, kaldu bubuk dan saus tiram. Aduk-aduk dan setelah tercampur rata serta semuanya matang, matikan api lalu tumis bunga pepaya sudah siap disajikan.

Sumber: https://manjakani.co.id/