Puasa mungkin waktu yang tepat bagi Anda untuk menurunkan berat badan, yaitu diet. Saat Anda berpuasa, Anda akan lebih mudah mengontrol konsumsi makanan yang dikonsumsi. Namun, berhati-hatilah saat ingin makan takjil yang umumnya sangat manis. Pilihan takjil yang salah sebenarnya bisa merusak diet Anda, lho! Jadi apa menu untuk takjil berbuka puasa di diet?
Berbagai menu takjil terurai dengan cepat untuk diet

Bagi Anda yang sedang diet, Anda harus memilih menu pengisian takjil. Ketika Anda makan takjil sendirian, itu membuat Anda kenyang, Anda tentu akan lebih mudah menahan keinginan untuk makan banyak di malam hari, misalnya setelah tarawih.

Protein seimbang untuk mempertahankan diet Anda.

Faktanya, hampir semua makanan takjil didominasi oleh rasa manis. Inilah sebabnya mengapa Anda harus pintar dengan berbuka puasa untuk diet. Pilih takjil dengan karbohidrat, lemak, dan protein seimbang untuk mempertahankan diet Anda.

Tidak perlu bingung lagi. Berikut adalah beberapa pilihan buka puasa takjil untuk diet yang aman untuk Anda.
1. Tanggal

manfaat kurma

Kurma adalah salah satu buah kering yang disajikan sebagai menu diet Takaril Iftar. Alasannya, kurma mengandung banyak serat yang bagus untuk menurunkan berat badan.

Menurut Healthline, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition 2007, menambahkan lebih banyak serat dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan mengurangi ukuran kehidupan. Nah, Anda bisa mendapatkan manfaat ini dengan mengonsumsi 100 gram kurma yang mengandung 277 kalori dan 7 gram serat.

Sekalipun kontennya tampak tinggi, jumlah kalori dan serat sebenarnya bisa membuat Anda lebih cepat. Jadi, Anda tidak perlu khawatir makan terlalu banyak di malam hari.

Tapi ingat, jangan terlalu banyak makan kurma saat berbuka puasa, karena kurma juga mengandung gula tinggi. Konsumsilah tiga kurma sebagai menu Takaril Iftar untuk diet Anda.
2. Bubur kacang hijau

bubur kacang hijau

Kacang hijau adalah jenis kacang, sumber protein, serat dan antioksidan. Sama pentingnya, kacang hijau sebenarnya bisa menjadi menu Takaril Iftar untuk diet keseimbangan yang aman, lho!

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition mengungkapkan bahwa makanan yang mengandung kacang dapat menggandakan cholecystokinin dibandingkan dengan makanan lain. Cholecystokinin sendiri adalah hormon yang memicu rasa kenyang. Itu sebabnya Anda menjadi lebih cepat setelah makan kacang.

Ini juga berlaku untuk kacang hijau. Setiap 100 gram kacang hijau mengandung 14 gram protein dan 15 gram serat yang dapat membantu mengurangi asupan makanan dan menurunkan berat badan.

Sekarang Anda dapat menyiapkan bubur kacang hijau sebagai pilihan pada menu diet buka puasa takjil. Tidak hanya mengembalikan energi setelah seharian berpuasa, tetapi bahkan bubur kacang hijau dapat membuat Anda kehilangan bayangan kegemukan.
3. Kolak pisang tanpa santan

resep majemuk

Bagi Anda yang sedang diet, Anda bahkan bisa makan kolak, bagaimana bisa! Namun, kolak umumnya mengandung santan dan gula yang dapat memicu peningkatan kolesterol dan gula darah.

Agar lebih sehat dan tidak membuat lemak tubuh, buat versi kolak Anda sendiri menggunakan susu skim atau yogurt rendah lemak alih-alih susu kelapa. Dengan menggunakan yogurt alih-alih air kelapa, ini berarti Anda memasukkan probiotik yang baik untuk kesehatan usus.

Kesehatan usus yang baik akan membuat bakteri usus lebih efektif dalam proses metabolisme tubuh. Akibatnya, upaya Anda untuk menurunkan berat badan lebih efektif. Jangan lupa untuk melengkapi kolak sehat dengan irisan pisang atau labu yang mengandung serat tinggi. Hanya makan semangkuk saus pisang tanpa santan dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

Baca juga :