President University Wakili Indonesia Pada Ajang IHL di Malaysia

President University Wakili Indonesia Pada Ajang IHL di Malaysia

President University Wakili Indonesia Pada Ajang IHL di Malaysia
President University Wakili Indonesia Pada Ajang IHL di Malaysia

Cikarang – Mahasiswa President University akan wakili Indonesia dalam kompetisi internasional Role Play International

Humanitarian Law (IHL) yang akan diselenggarakan oleh International Committee of Red Cross (ICRC atau Komite Internasional Palang Merah) di Malaysia.

Prestasi tersebut diraih setelah tim President University berhasil membawa pulang gelar Best Award dalam simulasi peran atau role play pada Kompetisi Debat dan Role Play IHL 2019 di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur (UPNVJT) pada tanggal 30 Juni 2019. Sebagai pemenang utama dari kategori simulasi peran, tim President University akan membawa nama Indonesia dalam kompetisi serupa di Malaysia.

Selain meraih gelar terbaik, tim President University juga meraih Jean Pictet Award

dan Honorable Mention dalam kompetisi kali ini. Pada kesempatan itu, tim President University diwakili oleh I Putu Bagus Dimas Pranata (Hubungan Internasional 2018), Ni Putu Andini Siddi Pratiwi (Hubungan Internasional 2017), dan Muhammad Rendy Utomo Rachim (Hubungan Internasional 2015).

Kompetisi ini diselenggarakan oleh delegasi regional ICRC untuk Indonesia dan Timor Leste yang berkolaborasi dengan Departemen Hubungan Internasional (HI) dan Himpunan Mahasiswa HI UPNVJT. Terinspirasi dari semakin maraknya peperangan dan ketegangan yang multidimensional, kompetisi kali ini mengangkat tema “Bring Back the Confidence in the Changing Nature of Warfare”.

Pada ajang tersebut, peserta tidak hanya dituntut menguasai pengetahuan hukum humanitarian

internasional melalui debat, tetapi juga mampu mengaplikasikannya dalam simulasi peran.

“Kompetisi ini sangat fun dan challenging. Semua yang berhasil dicapai adalah dari hasil kerja keras, dedikasi, dan kerja sama tim,” ujar Dimas, anggota tim President University   dalam keterangan resmi yang diterima Jumat (4/7/2019).

Selain President University, kompetisi bergengsi ini diikuti oleh 11 perguruan tinggi lainnya, yaitu Universitas Jember, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Universitas Katolik Maranatha (Bandung), Universitas Gadjah Mada (Yogyakarta), Universitas Al Azhar (Jakarta), Universitas Brawijaya (Malang), Universitas Darussalam (Gontor), Universitas Teknologi Yogyakarta, UIN Sunan Ampel (Surabaya), dan Akademi Angkatan Laut (Surabaya).

Sumber :

https://cole2.uconline.edu/eportfolios/24427/Home/Earthquakes_Comprehension_Types_and_Causes