Peserta LKS SMK 2018 Tingkat Jawa Barat Memiliki Potensi yang Unggul

Peserta LKS SMK 2018 Tingkat Jawa Barat Memiliki Potensi yang Unggul

Peserta LKS SMK 2018 Tingkat Jawa Barat Memiliki Potensi yang Unggul
Peserta LKS SMK 2018 Tingkat Jawa Barat Memiliki Potensi yang Unggul

Lomba Kompetisi Siswa (LKS) SMK 2018 tingkat Jawa Barat telah berlangsung

selama tiga hari, mulai 16-18 Oktober 2018. Dilakasanakan pada dua tempat yaitu Kabupaten Bekasi dan Kota Bandung, termasuk pada kelompok pariwisata digelar di SMKN 9 Bandung, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung.

Ketua Panitia Lokal Kota Bandung LKS SMK 2018, Aep Saefudin mengatakan mereka mengerahkan 30 panitia untuk LKS SMK di SMKN 9 Banding ini. Sampai hari ketiga pelaksanaan berjalan aman, lancar dan tertib. Begitu pula dengan bagian teknis pada masing-masing koordinator lomba.

“Seluruhnya berjalan dengan lancar tidak ada kendala yang berarti. Mudah-mudahan

sampai sorepun, pada saat pengumuman pemenang, kondisi bisa demikian,” ujar Aep, Kamis, 18 Oktober 2018.

Aep mengatakan melihat antusiasme LKS SMK tahun lalu di cirebon, banyak peserta baru yang ikut pastisipasi pada tahun ini. Terutama di bidang Fashion Technology dengan peserta yang membludak. Begitu pula pada bidang Confectionery/Pastry Cook, biasanya dibawah 10 orang, tahun ini peserta melebihi tahun kemarin.

Selain antusias peserta yang bertambah banyak, para juri juga mengapresiasi kemampuan

para siswa SMK. Seperti yang disebutkan oleh Juri Ladies and Men’s Hairdressing, Dedi Sukma, ia menyebutkan kemampuan para peserta sangat tidak terduga. Akan muncul bibit-bibit baru yang kelak akan unggul dan siap di lapangan.

“Saya yakin mereka kelak akan jadi dan siap di lapangan, bahkan tidak lama lagi, akan sangat-sangat menjanjikan sekali,” ujar Dedi.

Dedi mengatakan disamping penjurian ia juga memberikan arahan dan ilmu kepada para peserta. Penilaian diambil dari berbagai aspek, diantaranya 50% dari hasil karya guntingan, sisanya dari coloring, sikap, teknik, pendukung lainnya.

Selain itu, Dedi merasa Jawa Barat telah siap dalam LKS SMK tingkat Nasional. Ia optimis dengan salah satu peserta karena peserta tersebut memiliki keahlian yang baik terlihat dari teknik gunting yang ia kerjakan.***

 

Sumber :

https://rushor.com/sejarah-kesenian-reog-ponorogo/