Pengertian dan Contoh Keanekaragama Hayati

Keanekaragaman hayati adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan tingkat atau derajat keanekaragaman sumber daya alam di suatu daerah yang mencakup jumlah atau frekuensi ekosistem, spesies dan gen di suatu daerah.

Dari segi, keanekagaraman sebenarnya menunjukkan keadaan yang menggambarkan berbagai jenis objek. Berbagai jenis terjadi karena perbedaan bentuk, jumlah dan ukuran daerah itu sendiri. Sedangkan biologis mengacu pada makna makhluk hidup. Oleh karena itu keanekaragaman hayati adalah suatu kondisi di suatu daerah di mana berbagai jenis makhluk hidup hidup, ini karena ada perbedaan dalam bentuk, ukuran dan jumlah daerah dengan daerah lain.

Keanekaragaman hayati sering disebut sebagai keanekaragaman hayati dalam bahasa resmi. Keanekaragaman hayati dapat membantu orang untuk melakukan kehidupan sehari-hari. Faktor lingkungan adalah salah satu faktor penting yang mempengaruhi keanekaragaman hayati. Semakin alami lingkungannya, kondisi biologisnya juga akan semakin beragam.

Jumlah dan kualitas keanekaragaman hayati di suatu daerah dapat meningkat atau bahkan menurun tergantung pada perkembangan kondisi daerah tersebut. Namun, keanekaragaman hayati juga dapat dipulihkan seolah-olah ada perubahan yang tidak menguntungkan.

B. TINGKAT KEANEKARAGAMAN HAYATI

Menurut UU No. 5 tahun 1994, keanekaragaman hayati dapat dikelompokkan menjadi 3 jenis, yaitu:

1. Keragaman genetik

Gen adalah faktor pembawa turun-temurun yang ditemukan pada kromosom. Gen setiap makhluk hidup memiliki bahan dasar yang sama, tetapi merupakan komponen yang berbeda. Bentuk keanekaragaman ini adalah perbedaan atau variasi gen pada makhluk hidup ini. Contohnya adalah keberadaan pisang raja dengan bentuk panjang, pisang uli, pisang raja molo, raja rambe, pisang raja sereh, dan sebagainya. Perbedaan pisang ini terjadi sebagai akibat dari gen di setiap pisang.

Keberadaan keanekaragaman gen pada makhluk hidup dipengaruhi oleh gen pada kromosom. Kromosom diambil alih oleh warisan demi warisan. Namun, kondisi ini juga dapat dipengaruhi oleh faktor lingkungan yang memadai, misalnya jika ada pohon manga dengan buah besar dan manis di satu daerah, pohon tersebut kemudian ditransplantasikan dan ditanam di daerah lain, sehingga ada kemungkinan bahwa pohon tersebut akan tidak akan berbuah seperti ibu.

Selain faktor keturunan, faktor hibridisasi atau persilangan juga dapat meningkatkan keragaman gen di suatu daerah. Persilangan dapat dilakukan antara satu spesies dan spesies lain untuk mendapatkan keuntungan melalui proses domestikasi (pembiakan tanaman atau hewan liar). Contoh dari proses perkawinan silang adalah anggrek yang disilangkan mendapatkan beragam warna anggrek.

2. Jenis keanekaragaman

Jenis keanekaragaman adalah perbedaan yang dapat ditemukan dalam suatu kelompok atau komunitas dalam berbagai spesies yang hidup di suatu habitat. Di kebun kami ada, misalnya, pohon mangga, pohon jambu, tanaman palem, bunga melati, anggrek, mawar, cacing, ikan, lebah, semut, dan sebagainya. Keragaman spesies meningkat karena daerah tersebut jauh dari lingkungan manusia. Seperti hutan dengan berbagai jenis makhluk hidup yang tumbuh dan hidup di dalamnya.

Keragaman jenis ini harus dibedakan dari keanekaragaman gen. contohnya adalah keberadaan sekelompok tanaman aren yang terdiri dari pohon areca, pohon aren, pohon aren dan kelapa. Meskipun tanaman ini memiliki karakteristik fisik yang hampir sama, mereka memiliki nama spesies yang berbeda.

3. Keanekaragaman ekosistem

Ekosistem adalah istilah untuk menggambarkan suatu kondisi yang terdiri dari berbagai spesies yang hidup di dalamnya. Misalnya, seperti ekosistem sawah dengan cacing, tanaman padi, kerbau dan sebagainya. Selain ekosistem sawah, ada berbagai jenis ekosistem lainnya, yaitu ekosistem laut, ekosistem terumbu karang, ekosistem rawa, dan ekosistem liar.

Keanekaragaman hayati juga dipengaruhi oleh keanekaragaman ekosistem. Semakin banyak spesies ekosistem yang dimiliki suatu wilayah, semakin banyak perbedaan dalam makhluk hidup akan tumbuh dan hidup.


Sumber: https://memphisthemusical.com/