Pengertian Admistrasi dan Pemerintahan Daerah

1. Pengertian Admistrasi
Administrasi (dalam terjemahan bahasa latin ) adalah suatu kegiatan yang bersifat memberikan pelayanan atau servis sesuai dengan kebijakan yang di tentukan oleh yag memberikan tugas, kewajiban dan taggung jawab  kepadanya. Administrasi (terjemahan dalam bahasa inggris) adalah suatu kegiatan yang mempunyai makna luas meliputi segenap aktivitas untuk menetapkan kebijakan serta pelaksanaannya. Setiap negara pasti melakukan administrasi. Administrasi sangat di perlukan dalam kehidupan sehari-hari.
Administrasi dalam arti sempit dan administrasi dalam arti luas. Secara sempit administrasi diartikan sebagai kegiatan yang bersifat tulis menulis tentang segala sesuatu yang terjadi dalam organisasi, jadi kegiatan yang dimaksud tidak lebih dari kegiatan tata usaha. Seperti mengetik, mengirim surat, mencatat keluar dan masuk surat, penyimpanan arsip dan yang termasuk pada proses pelayanan lainnya. Sedangkan administrasi dalam arti luas merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mencapai tujuan.
Administrasi sebagai ketatausahaan yang dalam bahasa inggris dipergunakan istilah derical work paper work atau office work.

1) Administrasi arti sempit menurut para ahli

a. Paul Mebieu and The Liang Gie
Administrasi sebagai kegiatan pencatatan keterangan tertulis .
b. Tjeng Bing Tie
Administrasi sebagai pencatatan dan pemberian bahan-bahan yang diperlukan untuk melaksanakan pimpinan.
2) Administrasi arti luas menurut para ahli
a. Administrasi adalah kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan oleh pejabat eksekutif dalam suatu organisasi yan bertugas mengatur, memajukan, dan melengkapi usaha kerjasama sekumpulan orang yang sengaja dihimpun untuk mencapai tujuan tertentu. (ordway tead dalam thoha 1983)
b. Administrasi adalah proses yang biasanya terdapat pada semua usha kelompok baik usaha pemerintah/swasta, sipil/militer baik sengaja besar-besran maupun kecil-kecilan. (thoha 1983).
2. Beberapa istilah berkaitan dengan administrasi
• Administratie (inggris) – tatausaha, diartikan sebagai setiap-setiap keterangan secra sistematis dan pencatatannya secra tertulis dengan maksud memperoleh suatu ihktisar mengenai keterangan-eterangan itu dalam keseluruhannya dan dalam hubungannya satu sama lain.
• Administratief (Belanda) – (kepengurusan ketatausahaan) yaitu rangkaian tindakan dalam pelaksanaan anggran yang bertalian dengan pelaksaan wewenang otorisasi dan wewenang memberi perintah membayar/ menangih
• Administration (inggris) –Administrasi, yaitu segenap rangkaian perbuatan penyelenggaraan dalam setiap usaha kerjasama sekelompok manusia untuk mecapai tujuan tertetu.