Pandangan Medis Tentang Kanker Payudara

Pandangan Medis Tentang Kanker Payudara

Pandangan Medis Tentang Kanker Payudara

Kira-kira 90% dari semua kasus kanker payudara pada awalnya berasal dari duct-duct susu atau kelenjar-kelenjar susu. Kanker tersebut dinamakan carcinoma. Jenis Kanker payudara diklasifikasikan sebagai berikut :

  1. Lobular carcinomain situ.
  2. Ductal carcinomain situ(DCIS). Katain situ menandakan non- invasive.
  3. Lobular carcinoma.
  4. Ductal carcinoma.

PENGOBATAN DAN PROGNOSIS.

Treatment atau pengobatan standar kanker payudara adalah : pembedahan, kemoterapi, radioterapi dan terapi hormonal. Saat ini bone marrow transplant atau pencangkokan sumsum tulang sedang diupayakan.

Prognosis atau ramalan tentang kanker payudara sangat tergantung pada ukuran tumor dan luas penyebarannya. Salah satu indicator penting dari metastase adalah keterkaitannya dengan lymph node atau kelenjar getah bening. Pasien kanker tahap awal atau stadium dini tanpa penyebaran pada lymph node mempunyai survival atau kelangsungan hidup 10 tahun adalah lebih dari 80%. Sayangnya, studi-studi memperlihatkan bahwa antara 10% – 25% dari pasien kanker payudara ini mengalami keadaan yang terlanjur parah atau kanker payudra stadium III saat terdiagnosa.

Jika kanker berada pada stadium 0 dan I, maka rata-rata 5 tahun survivalnya adalah 99% dan 92%. Pada kanker payudara yang penyebarannya masih kecil atau dianggap sebagai stadium II dan III, maka rata-rata 5 tahun survivalnya adalah 79% dan 45%. Pada stadium IV, rata-rata 5 tahun survivalnya menurun sampai 14%.

Penting untuk menyadari bahwa “ NO CURE “ atau tidak ada pengobatan yang eksis untuk kanker payudara yang telah menyebar keluar dari payudara. Tetapi banyak wanita yang menjalani hidup sekurang-kurangnya 2 tahun dan sedikit dari beberapa pasien kanker yang hidup di atas 10 sampai 20 tahun. Pengobatan dengan cara drug atau obat-obat kimia dan operasi atau pembedahan hanya sedikit memperpanjang hidup dan hanya mengurangi gejala-gejala yang muncul saja. Pasien kanker tanpa gejala-gejala itu tidak akan diuntungkan dari pengobatan-pengobatan itu. Lebih baik menunda pengobatan-pengobatan itu sampai gejala-gejala tersebut muncul.

BONE MARROW TRANSPLANT (BMT)

Meskipun BMT atau pencangkokan sumsum tulang disebut sebagai upaya yang memberikan kemajuan kepada beberapa pasien kanker payudara, tetapi responnya jarang sekali jika sekiranya bisa bertahan lama. Sebagai tambahan bahwa tidak ada kemungkinan mengubah prognosis pasien kanker yang sudah metastase secara luas.


Baca Juga :