sholat hajat

Sholat Hajat –  adalah salah satu sholat sunnah yang memiliki banyak karakteristik. Sangat direkomendasikan bagi mereka yang memiliki keinginan atau niat untuk melaksanakan sholat ini.

Karena manfaat doa untuk diri sendiri memenuhi kebutuhan mereka. Untuk mengetahui bagaimana prosedur, niat, doa, dan bahkan Fadhilah Hajjat ​​bekerja, baca penjelasan lengkap di bawah ini.

Doa Sholat Hajat

Dalam bahasa tersebut, kata حاجة berarti kebutuhan, sedangkan secara umum makna shalat adalah salah satu shalat sunnah yang dilakukan untuk meminta kepada Allah SWT untuk tujuan atau kebutuhan yang harus diberikan.

Sholat hajat untuk apa?

Doa selalu disampaikan oleh teman-teman, mereka berdoa dan kemudian berdoa kepada Allah SWT, bahkan dalam hal-hal kecil.

Ketika Rasulullah mengajarkan Shollallahu ‘alaihi wasallam untuk meminta niat Allah SWT;

ليسال أحأدكم ربه حجته حت يساله الملح وحتى يساله شسشعن

artinya:

“Semoga salah satu dari kalian selalu meminta kepada Tuhan untuk kebutuhan-Nya, bahkan jika dia meminta garam, atau bahkan untuk sandalnya jika itu rusak.” (Diceritakan oleh Tirmdzi, Hasan)

Bayangkan, Rasulullah Shollallahu ‘alaihi wasallam juga mengajari teman-temannya untuk bertanya tentang kebutuhan dan kebutuhan mereka dengan Allah SWT, meskipun mereka hanya meminta garam dan tali untuk mengikat sandal yang rusak.

Tetapi jika kebutuhan dan niatnya besar, Nabi tidak hanya mengajarkan untuk berdoa untuk pemenuhan keinginannya, tetapi ia mengajarkan untuk bekerja pada dua rakaat shalat sunnah, yang dimaksud adalah shalat sunnah dari niat.

Niat Untuk Sholat Hajat

Karena sembahyang apapun harus dimulai dengan sengaja, seperti Hadits Nabi, yaitu, “انما الاعمال بالنية …”, yang berarti bahwa amal tergantung pada niat.

Ingatlah bahwa niat adalah sesuatu yang tidak diucapkan secara lisan karena niat itu diungkapkan dalam hati. Niat untuk berdoa adalah sebagai berikut:

Bacaan niat doa Hajat Arab
اصلص سنة الحاجة ركعتين لله تعالى

“Usholli sunnatal-haajati rok’atayni lillahi ta’aala”.

“Saya bermaksud untuk berdoa sunnah untuk dua ritual karena Allah Ta’aala.”

Setelah Anda tahu maksud doa Hajat dalam bahasa Arab, Latin, dan artinya, Anda harus menghafal dan memahaminya, sehingga menjadi lebih mudah bagi Anda untuk berdoa secara teratur.

Tata Cara Sholat Hajat Menurut Rasulullah

Dalam sholat, sholat memiliki praktik dan ketentuan yang sama untuk sholat dalam shalat Sunnah lainnya seperti shalat Tahajud dan shalat Dhuha.

Seperti sebelumnya, shalat harus dikeramatkan oleh para Hadat kecil dan Hadat besar yang mencakup alat kelamin, benda-benda suci, pakaian dan tempat-tempat sholat yang najis dan menghadap kiblat. Berikut adalah prosedur untuk berdoa Hajat.

Langkah sholat pada rakaat pertama:

  1. Berniat
  2. Takbirotul ihram, lalu membaca doa iftitah
  3. Membaca surat Al-Fatihah
  4. Membaca surat dalam Al Quran
  5. Ruku secara tuma’ninah
  6. I’tidal (bangun dari ruku) secara tuma’ninah
  7. Sujud secara tuma’ninah
  8. Duduk diantara dua sujud secara tuma’ninah
  9. Sujud kedua secara tuma’ninah

Prosedur sholat pada rakaat kedua:

  1. Berdiri untuk raka’at kedua
  2. Membaca surat Al-Fatihah
  3. Membaca Surat dalam Al Quran
  4. Ruku’ secara tuma’ninah
  5. I’tidal (bangun dari ruku) secara tuma’ninah
  6. Sujud secara tuma’ninah
  7. Duduk diantara dua sujud secara tuma’ninah
  8. Sujud kedua secara tuma’ninah
  9. Duduk tasyahud akhir secara tuma’ninah
  10. Mengucapkan salam

Langkah-langkahnya sama dengan sholat wajib, hanya niatnya berbeda.

Sumber Referensi : https://waheedbaly.com/

Baca Juga :