Memori Solid State

Memori Solid State

Memori Solid State
Memori Solid State

Komputer yang pertama diproduksi untuk tujuan komersil adalah UNIVAC, dimana:

  • CPU nya menggunakan teknologi vacum tube (tabung hampa udara) dan menjalankan aritmatika decimal.
  • Memori utamanya 1000 word (setiap word besarnya 60 bit dan menyimpan 12 karakter 5 bit).

Memori Solid State (MSS) adalah media penyimpanan data (storage) yang menggunakan Memori Solid State untuk penyimpanan datanya. Berbeda dengan harddisk yang menggunakan platter magnetis yang berputar, MSS menggunakan semikonduktor. Memori Solid State dapat menggantikan harddisk drive tradisional, sehingga sering disebut solid state disk drive atau solid state disk. Meskipun secara teknis bukanlah sebuah disk. Bentuk dan dimensi MSS juga sama dengan harddrive, sehingga dapat diletakkan pada slot standar yang terdapat dalam komputer. SSD juga menggunakan interface SATA atau IDE yang sama dengan hard disk, sehingga fungsionalitasnya pun sama.
Dengan perkembangan harddisk yang kian maju, maka muncullah SSD (Solid State Drive) sebagai media penyimpanan yang lebih cepat ringan dan ukuran yang lebih kecil dan ramping disamping itu juga terjadi peningkatan performa.

Cara kerja Memori Solid State (MSS)
Prinsip dibalik Memori Solid State adalah tidak ada bagian yang bergerak, tidak platter yang berputar, tidak ada head yang berpindah-pindah. Data dibagi dalam ukuran word dan disimpan dalam memori. Data kemudian diakses dengan cepat menggunakan metode pengalamatan yang unik pada seluruh sistem. Teknologi ini telah digunakan untuk RAM selama bertahun-tahun, tetapi tidak digunakan untuk harddisk drive karena terlalu mahal untuk diproduksi dalam jumlah yang cukup untuk menggantikan harddisk.

Contoh Studi Kasus:
Apa itu Bandwith Memory?
Bandwitdh adalah nilai yang menunjukkan banyaknya data yang dapat di-transfer dalam waktu satu detik. Satuan Bandwitdh adalah Mb/s. Bandwidth menunjukkan kinerja yang sesungguhnya dari RAM.
Secara teori Bandwith dapat dihitungkan menggunakan rumus sebagai berikut :

Bandwidth = Arsitektur * FSB

Umumnya pada RAM DDR, nilai FSB jarang dituliskan dan diganti dengan nilai bandwidth-nya. Arsitektur RAM (DDR/DDR2) sendiri umumnya adalah 64-bit (atau 8 byte). RAM dengan mode Dual Channel berarti memiliki arsitektur 64-bit x 2 = 128 bit atau 16-byte. Dual channel membuat bandwidth RAM menjadi dua kali lipat lebih besar.

Sumber : http://syifa.student.ittelkom-pwt.ac.id/clash-of-queens-apk/