Membuat Laporan Hasil Diskusi Buku Fiksi dan Nonfiksi

apakah kamu pernah melaksanakan diskusi di kelas perihal sebuah buku? Namun, apakah selagi kamu dan teman-teman sekelas berbincang atau ngobrol perihal sebuah buku telah disebut dengan diskusi? Nah, mari kita menyaksikan terlebih dahulu apa itu yang dimaksud dengan diskusi ya.

Diskusi merupakan sebuah pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran. Biasanya diskusi dijalankan untuk membicarakan atau membicarakan suatu problem dengan maksud untuk mencari solusi atau penyelesaian dari problem yang sedang dibahas. Jadi, jikalau kamu dan teman-teman hanya berbincang-bincang biasa perihal sebuah buku yang baru kalian baca bukan juga ke didalam diskusi.

Dalam sebuah diskusi formal, akan membuahkan laporan hasil diskusi. Laporan hasil diskusi ini merupakan hasil dari aktivitas diskusi yang berupa laporan tertulis. Laporan diskusi ini tidak hanya berisi hasil rumusan yang telah didiskusikan, namun juga berisi rincian-rincian jadi dari topik diskusi hingga pada lampiran peserta yang menghadiri diskusi.

Struktur Teks Laporan Hasil Diskusi

1. Pendahuluan

Pertama kita tulis anggota pertama yaitu latar belakang pelaksanaan diskusi, alasan mengapa diadakannya diskusi. Setelah itu kita tulis obyek diskusi, apa yang akan dicapai dari diskusi yang diadakan. Setelah tujuan, kemudian langkah-langkah persiapan diskusi kita tulis apa saja yang kudu disiapkan didalam diskusi seperti pokok-pokok yang disampaikan didalam diskusi oleh narasumber, topik yang dibahas didalam diskusi. Topik yang dibahas kudu berkesinambungan dengan materi yang disampaikan oleh narasumber.

2. Uraian Pelaksanaan

Setelah pendahuluan, kita tulis area dan selagi pelaksanaan diskusi (hari, tanggal, bulan, tahun, jam dan area dilaksanakannya diskusi). Lalu kita tulis kuantitas peserta dan sebagian besar peserta yang turut diskusi berasal dari mana. Kemudian kita narasikan jalannya diskusi seperti apa, dimulai dari pembukaan diskusi, pengenalan moderator, selanjutnya moderator yang memperkenalkan narasumber, kemudian narasumber memberikan materi, setelah itu sesi tanya jawab dengan peserta diskusi dan kuantitas penanya berapa orang. Setelah itu tulis rumusan hasil diskusinya. Rumusan hasil diskusi umumnya berupa ringkasan sepanjang diskusi.

3. Penutup

Pada anggota ini kita tulis analisis dari diskusinya dan saran-saran bagi narasumber maupun peserta ataupun saran bagi yang lain.

4. Lampiran

Biasanya didalam lampiran berisi materi yang disampaikan narasumber. Materi yang disampaikan umumnya berupa makalah atau print out power point dari narasumber. Kemudian catatan notulen yang berisi poin-poin pertanyaan serta jawabannya selagi sesi tanya jawab, kemudian daftar ada peserta yang ikuti diskusi selagi itu.

Bagaimana, kamu telah menyadari memicu laporan hasil diskusi? Kamu telah menyadari ‘kan apa saja yang kudu tersedia didalam laporan hasil diskusi? Semoga setelah kalian telah tahu, kalian langsung mampu memicu laporan hasil diskusi berdasarkan unsur-unsur yang telah dijelaskan tadi.


Baca Juga :