Memberantas DBD Dengan PSN

 

Memberantas DBD Dengan PSN

Pemberantasan Sarang Nyamuk

Setelah sebelumnya melakukan penyuluhan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di Cimanggu Barata, Kelurahan Tanah Sareal. Kali ini, CSR PT. Indomarco Prismatama bekerjasama dengan Baygon dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor kembali melakukan penyuluhan di Perumahan Mutiara Bogor Raya, Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Rabu (25/07/2018).

Kegiatan penyuluhan tersebut secara resmi dibuka Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman.

Dalam sambutannya Usmar mengungkapkan, pemberantasan demam berdarah (DBD) tidak bisa hanya dilakukan sesaat karena serangan endemik terhadap penyakit demam berdarah muncul pada situasi dan kondisi yang sudah bisa diprediksi.

“Biasanya pada musim pancaroba atau transisi dari kemarau ke musim hujan. Namun faktor penyebab paling utama adalah lingkungan dan kepedulian terhadap kebersihan,” kata Usmar.

Usmar menambahkan

Musibah itu tidak pernah bisa dideteksi dan diantisipasi tetapi yang bisa dipastikan apabila lingkungannya bersih maka potensi untuk terserang DBD akan berkurang.

“Jadi bila kita semua rajin membersihkan rumah dan lingkungan di sekitar kita maka kita akan terhindar dari berbagai penyakit,salah satunya adalah demam berdarah,” jelasnya.

Sedangkan terkait fogging atau penyemprotan menurut Usmar cara tersebut kurang efektif karena hanya memindahkan nyamuk. Cara terbaik mencegah penyakit demam berdarah, yaitu dengan memberantas sarang nyamuk secara serentak dan berkelanjutan.

Nyamuk DBD

“Mudah-mudahan dengan adanya penyuluhan pemberantasan sarang nyamuk ini ibu-ibu kader dan warga sekitar dapat menambah ilmu pengetahuan sehingga pada waktunya nanti RT. 06 RW. 17 Kelurahan Katulampa terbebas dari serangan nyamuk DBD,” harap Usmar.

Tidak lupa ia mengucapkan terima kasih kepada PT. Indomarco Prismatama Cabang Bogor, Baygon, Dinkes Kota Bogor serta seluruh masyarakat yang terlibat dalam kegiatan. “Semoga program ini terus berkelanjutan,” ujarnya.

 

 

Artikel terkait: