Manfaatnya  untuk kesehatan

Berikut adalah beberapa manfaat potensial dari pare, buah yang dalam bahasa Latin disebut Momordica charantia:

    Kurangi gula darah
Bagi penderita diabetes, konsumsi pare dapat membantu mengelola penyakit yang diderita. Hal ini sangat mungkin mengingat bahwa pare mengandung charantin, tetangga dan polipeptida-p yang merupakan bahan aktif antidiabetik. Salah satu fungsi Charantin adalah mengurangi kadar gula darah dalam tubuh. Sementara itu, p-polipeptida dikenal sebagai senyawa yang mirip dengan insulin. Tiga zat yang disebutkan di atas memiliki efek untuk membantu tubuh mengurangi kadar gula darah.
Meskipun tampaknya menjanjikan, beberapa uji klinis telah menunjukkan bahwa manfaat dari pare dalam mengendalikan kadar gula darah masih tidak konsisten dan tidak signifikan. Penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mencari tahu bagaimana pare dapat membantu penderita diabetes. Dan satu hal yang pasti, manfaat pare tidak dapat menggantikan atau sama dengan kemanjuran obat antidiabetes, seperti insulin dan obat antidiabetik oral.
  
Melawan sel kanker
Salah satu manfaat yang seharusnya dari buah pare lainnya adalah kemampuan mereka untuk melawan sel kanker. Penelitian mengungkapkan bahwa pare memiliki sifat antitumor dan memiliki potensi untuk digunakan sebagai agen pemusnahan untuk berbagai jenis kanker, seperti kanker payudara, usus besar, prostat, hati dan darah.
Tetapi penelitian ini terbatas pada penelitian laboratorium. Efek antitumor dalam manfaat pare belum dipelajari secara klinis sehingga efektivitasnya sebagai pejuang kanker pada manusia belum dipelajari lebih lanjut.
  
HIV antibakteri dan antiviral
Beberapa penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus dapat diatasi dengan mengkonsumsi pare. Ekstrak pare memiliki sifat antibakteri, khususnya infeksi yang disebabkan oleh bakteri seperti E. coli, Salmonella, Staphylococcus, Pseudomonas dan Streptobaccilus. Bahkan ekstrak pare tampaknya membunuh virus, salah satunya adalah virus HIV. Namun, manfaat dari pare belum digunakan sebagai antibiotik atau antivirus dari sudut pandang klinis, mengingat kurangnya penelitian yang mendukung data ini.

Penting bagi Anda untuk mengetahui bahwa manfaat pare untuk melawan sel kanker dan HIV belum diteliti pada manusia. Demikian juga, untuk manfaat dari pare sebagai pengobatan untuk infeksi, penelitian masih terbatas pada penelitian pada hewan. Ini berarti bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menunjukkan efek yang sama pada manusia. Tetapi tidak ada salahnya untuk menambahkan pare ke diet harian Anda karena kandungan nutrisinya yang berbeda.

Manfaat dari pare benar-benar menarik, tetapi disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan manfaat dari pare sebagai obat. Selain itu, pare tidak dianjurkan untuk wanita hamil, sehubungan dengan dugaan efek yang mencurigakan dari pare yang dapat membahayakan rahim.

Baca Juga: