masker madu

Tidak hanya enak dicampur dalam masakan atau minuman, madu memiliki berbagai manfaat untuk wajah. Caranya sangat sederhana, gunakan saja sebagai masker madu.

Madu mengandung antimikroba, antioksidan dan dapat memberikan efek menenangkan pada kulit. Kandungan antioksidan dalam madu diperlukan bagi kulit untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit. Radikal bebas sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kulit kusam, mengalami penuaan dini dan keriput dan bahkan memicu kanker.

Berbagai kelebihan dari Masker Madu untuk Wajah

Selain mengandung antioksidan, madu juga mengandung antiseptik dan antibakteri. Konten ini membuat madu menjadi deretan bahan alami yang membantu Anda mengatasi jerawat. Tidak hanya bagus untuk kulit wajah dengan jerawat, kulit kering juga bisa diatasi dengan masker madu.

Cara menggunakan masker madu untuk wajah cukup mudah, yaitu:

Pertama, bilas wajah Anda dengan air hangat untuk membuka pori-pori kulit Anda.
Oleskan madu ke wajah dan biarkan selama sekitar 30 menit.
Terakhir, bilas lagi dengan air hangat, lalu bersihkan dengan air dingin agar pori-pori wajah tertutup kembali.

Ingat, sebelum mengoleskan madu, selalu cuci muka dengan air hangat untuk membuka pori-pori kulit. Dianjurkan untuk memilih madu asli yang tidak memiliki campuran bahan kimia.


Kegunaan lain dari Honey Mask

Selain digunakan untuk membuat kulit wajah lebih halus dan lembab, masker madu juga memiliki banyak kegunaan lain untuk tubuh, yaitu:

  Rapikan rambutmu
Masker madu memiliki kandungan yang dipercaya dapat melembutkan rambut. Untuk menggunakannya, Anda cukup mengaplikasikan campuran madu masker ke bagian rambut yang sudah dicuci terlebih dahulu, biarkan selama 15 menit, lalu bilas sampai bersih.

    Lemahkan bibir
Selain rambut Anda, Anda juga bisa menggunakan masker madu untuk mengobati bibir kering. Dengan sifat antimikrobanya, madu adalah salah satu pelembut bibir alami. Untuk menggunakannya, Anda bisa mencampur madu dengan air hangat.

Hapus bekas luka
Masker madu telah terbukti efektif untuk membantu menghilangkan bekas luka di kulit. Selain itu, masker madu juga dapat digunakan untuk membantu menyembuhkan luka akibat diabetes atau jaringan parut setelah operasi.

Setelah mengetahui berbagai manfaat madu, Anda bisa mencoba menggunakan masker madu untuk wajah atau menggunakan madu untuk rambut, bibir dan bekas luka. Namun, Anda tetap harus berhati-hati karena terkadang penggunaan madu dapat menyebabkan reaksi alergi. Jika reaksi alergi muncul, seperti gatal, kemerahan atau bengkak, hentikan penggunaan segera dan konsultasikan dengan dokter.

Baca Juga: