Manfaat Jintan Hitam dan Cara Mengolahnya Menjadi Obat – Habbatussauda ialah salah satu tumbuhan herbal yang paling manjur guna kesehatan dan kecantikan. Tanaman herbal ini telah lama di kenal, selama 2000-3000 tahun sebelum masehi. Hal ini diperlihatkan dengan adanya penemuan minyak habbatussauda di pekuburan tutankhamun (kuburan semua raja mesir).

Di Indonesia, tumbuhan habbatussauda ini memiliki sebutan “Jintan Hitam”. Jintan hitam ini pada lazimnya di jadikan sebagai gabungan masakan sebab rasanya seprti lada. Biji jintan hitam ini memiliki bau yang lumayan menyengat.

Seiring pertumbuhan zaman, olahan dari habbatussauda ini juga semakin berfariasi. Mulai dari format cair (minyak) sampai dalam format pil yang tidak jarang di temukan di pasaran herbal kini ini. Walaupun begitu, terdapat baiknya andai kita meningkatkan pengetahuan tentang teknik mengolah habbatussauda ini untuk menuntaskan masalah kesehatan dan kecantikan. Berikut pembahasannya :

Diabetes : Campurkan secangkir jintan hitam, secangkir biji mustard, setengah cawan kulit delima, dan setengah cawan fumaria kering. Semua bahn di haluskan menjadi bubuk. Konsumsi satu sendok teh gabungan tersebut masing-masing hari sekitar dua bulan.

Rematik dan nyeri punggung : Hangatkan minyak habbatussauda, kemudian oleskan pada unsur yang nyeri. Ada baiknya pun untuk mengkonsumsi minyak habbatussauda 2/3X sehari. Lakukan secara berkala.

Rambut rontok dan beruban : Oleskan minyak habbatussauda beserta lemon ke kulit kepala. Biarkan sekitar 15 menit, lantas bilas dan keringkan. Campurkan pun satu sendok teh minyak habbatussauda ke dalam teh atau kopi.

Sakit gigi : Campurkan separuh sendok minyak habbatussauda dengan air hangat, kemudian berkumurlah dengan air tersebut. Oleskan pun minyak ke gigi yang terasa nyeri.

Batu ginjal dan empedu : Campurkan minyak habbatussauda dan madu dengan komparasi 1:1. Konsumsi gabungan tersebut sejumlah dua sendok makan bareng air hangat. Konsumsi secara teratur di masing-masing pagi sebelum sarapan.

Sakit kepala : Gosok dahi dengan minyak habbatussauda. Konsumsi satu sendok teh minyaknya masing-masing pagi sebelum sarapan.

Gangguan penglihatan : Gosokkan minyak habbatussauda di sekeliling mata separuh jam sebelum tidur. Konsumsi pun jus wortel yang telah dikumpulkan dengan satu sendok minyak habbatussauda.

Baca Juga: