manfaat jamur tiram

Jamur yang tersedia di pasaran tersedia dalam berbagai jenis, bentuk dan ukuran. Mungkin Anda sesekali atau bahkan sering, sulit untuk membedakan jenis jamur yang sering bingung pada saat menyebutkan namanya.

Jamur tiram sering dimakan karena rasanya yang enak dan mudah diproses. Jamur, yang terkenal dengan fitur utamanya, yang menyerupai bentuk kipas dan putih, dapat diproses menjadi berbagai penawaran sesuai dengan selera Anda.

Jamur tiram tidak hanya bisa digoreng dengan tepung, tetapi juga digoreng atau dimasak dengan sayuran lain untuk sup. Bahkan, beberapa orang juga suka mengolahnya menjadi jamur pepes.

Lebih baik tidak hanya tahu rasanya yang enak. Apakah Anda mengerti persis apa nutrisi jamur tiram mengandung?

Jamur havermut yang beratnya 100 gram (g) dapat menghasilkan 30 kalori energi, 1,9 gram protein, 0,1 gram lemak, 5,5 gram karbohidrat, dan 3,6 gram serat. Jangan berhenti di situ, Anda akan menyerap beragam vitamin dan mineral saat makan jamur tiram. Mulai dari vitamin B, vitamin D, kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, tembaga dan seng.

Tidak heran jamur tiram terkandung dalam sumber makanan sehat yang patut Anda pertimbangkan.

Manfaat Jamur Tiram

manfaat jamur tiram

1. Meningkatkan stamina

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Traditional and Complementary Medicine menunjukkan bahwa jamur tiram dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Zat aktif dalam jamur tiram dapat merangsang makrofag untuk bekerja lebih aktif.

Makrofag adalah bagian dari sel darah putih yang memiliki tugas memerangi virus, bakteri, dan mikroorganisme lainnya.

2. Menurunkan kolesterol

Sebuah studi yang dipublikasikan di Clinical and Experimental Farmacology and Physiology menemukan bahwa jamur tiram dapat membantu menurunkan kolesterol darah total.

Temuan ini juga didukung oleh penelitian lain yang menemukan bahwa konsumsi jamur tiram secara teratur selama 24 hari dapat menurunkan kolesterol pada penderita diabetes tanpa mempengaruhi hati dan ginjal.

Manfaat jamur tiram berasal dari kandungan lovastatin, yang mengatur aliran darah ke tingkat kolesterol. Selain itu, kandungan beta-glukan, suatu bentuk serat yang larut dalam air yang kaya akan jamur, juga dapat memengaruhi kadar kolesterol. Beta-glukan menyerap kolesterol dalam aliran darah.

Selain kolesterol dalam darah, penelitian ini juga menunjukkan bahwa manfaat jamur tiram dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dan gula darah pada penderita diabetes.

3. Membantu mencegah kanker

Sebuah studi tahun 2008 yang diterbitkan dalam International Journal of Oncology menunjukkan bahwa suplemen ekstrak jamur ini dapat menekan pertumbuhan sel kanker payudara dan kanker usus besar. Suplemen yang sama juga dapat membantu mencegah penyebaran sel kanker ke bagian tubuh lainnya.

Kandungan kebutuhan beta dan glikoprotein dalam jamur tiram secara alami dapat meningkatkan respons antikanker tubuh.

Komposisi jamur ini memberikan sel Natural Killer (NK), yang mampu membunuh sel kanker untuk memantau pertumbuhan sel kanker, dan sel T, yang membantu melawan infeksi, peringatan dini dalam tubuh terjadi.

4. Sumber vitamin B3

Jamur tiram adalah sumber vitamin B3 yang baik untuk tubuh dan mudah ditemukan di berbagai makanan. Vitamin, yang memiliki nama berbeda, memainkan peran penting dalam proses pertumbuhan, perkembangan dan kerja organ-organ dalam tubuh.

Vitamin B3 juga dikatakan membantu memecah karbohidrat, lemak, dan protein dari makanan Anda sehingga dapat digunakan sebagai energi. Selain itu, niasin juga membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi kolesterol jahat.

Ketika Anda memasuki tubuh, vitamin B3 diubah menjadi nicotinamide adenine dinucleotide (NAD) dan nicotinamide adenine dinucleotide phosphate (NADP). Kedua senyawa ini termasuk dalam antioksidan sehingga mereka dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

5. Kaya akan antioksidan

Manfaat lain dari jamur tiram adalah sebagai sumber antioksidan. Antioksidan adalah senyawa yang melawan berbagai efek samping yang disebabkan oleh radikal bebas. Padahal, setiap tubuh telah menghasilkan antioksidan sendiri.

Hanya saja jumlah yang diproduksi tubuh tidak terlalu besar, jadi Anda masih perlu mengambil antioksidan dari diet harian Anda. Yang menarik, jamur ini adalah salah satu sumber makanan yang mengandung ergothioneine tingkat tinggi, antioksidan yang membantu mencegah peradangan.

Baca Juga :