Lembaga Penunjang Pasar Modal adalah

Lembaga Penunjang Pasar Modal adalah

Lembaga Penunjang Pasar Modal adalah

1. Biro Administrasi Efek (BAE)

Biro administrasi merupakan lembaga yang berperan untuk melaksanakan segala kegiatan administrasi efek untuk emiten yang meliputi kegiatan pembukuan, kegiatan transfer, kegiatan registrasi, pemecahan surat kolektif saham, pembayaran dividen dan sebagainya.

2.Bank Kustodian

Bank kustodian merupakan sebuah bank yang memiliki fungsi untuk melakukan penyimpanan serta melakukan pengamanan fisik terhadap dokumen-dokumen efek.

3.Wali Amanat

Wali amanat merupakan pihak-pihak yang telah mendapat kepercayaan untuk mewakili kepentingan para pedagang obligasi.

4.Pemeringkat Efek

Pemeringkat efek merupakan sebuah pihak yang memiliki tugas untuk memberikan pendapat tentang resiko suatu efek secara objektif, jujur, serta tidak memihak.

5.Penasihat Investasi

Penasihat investasi merupakan sebuah pihak yangmemiliki tugas untuk memberikan nasihat mengenai investasi. Penasihat investasi hampir sama dengan manajer investasi. Namun terdapat perbedaan antara keduanya, perbedaannya adalah jika penasihat investasi hanya berperan untuk memberikan nasihat, sedangkan manajer investasi berperan untuk memberi nasihat sekaligus mengelola dana.

6.Penjamin Emisi

Penjamin emisi merupakan sebuah pihak yang memiliki tugas memberikan jaminan untuk membeli saham yang tidak dapat habis terjual agar modal atau dana yang diperlukan emiten dapat tercukupi.


Baca Artikel Lainnya: