Kekurangan Pasar Modal adalah

Kekurangan Pasar Modal adalah

Kekurangan Pasar Modal adalah

Meskipun pasar modal memiliki keuntungan bagi emiten, investor dan pemerintah sebagaimana disebutkan di atas, namun disisi lain pasar modal juga memiliki beberapa keburukan, Keburukan-keburukan pasar modal ini berkaitan erat dengan risiko yang mungkin dihadapi oleh para pelaku pasar modal. Adapun keburukan pasar modal antara lain sebagai berikut:

Memungkinkan terjadinya risiko inflasi

apa itu resiko inflasi? Resiko inflasi yaitu sebuah resiko yang terjadi karena adanya inflasi yang mengakibatkan nilai mata uang turun, sehingga menyebabkan daya beli dari dividen dan bunga yang diperoleh pemodal menurun.

Memungkinkan terjadina risiko  delisting

yaitu sebuah resiko yang terjadi jika surat berharga atau efek yang telah dibeli investor dikeluarkan atau di-delisting dari pasar modal karena alasan tertentu. Salah satu sebab suatu efek di-delisting adalah karena emiten yang telah menjual efek tersebut menderita kerugian atau pailit.

Memungkinkan terjadinya risiko likuiditas

yaitu resiko yang terjadi jika surat berharga yang ingin dijual tidak dapat cepat laku sesuai yang diharapkan.

Memungkinkan terjadinya risiko capital loss

yaitu resiko yang terjadi jika surat-surat berharga terpaksa harus dijual dengan harga jual lebih rendah dibandingkan harga ketika membeli surat berharga tersebut.

Memungkinkan terjadinya risiko tingkat bunga

yaitu sebuah resiko yang terjadi jika adanya kenaikan tingkat bunga bank yang mengakibatkan terjadinya penurunan harga surat-surat berharga. Mengapa ketika tingkat bunga bank meningkat membuat harga surat berharga turun? Hal ini, karena kenaikan tingkat bunga bank mengakibatkan para investor lebih tertarik berinvestasi di bank daripada berinvestasi dengan membeli surat berharga di pasar modal. Dengan demikian permintaan terhadap surat berharga menurun drastis yang kemudian mengakibatkan harga surat berharga juga mengalami penurunan.

Memungkinkan terjadinya risiko bisnis

yaitu sebuah resiko yang terjadi jika kemampuan emiten dalam menghasilkan laba menurun, sehingga mengakibatkan dividen yang dibayarkan ke investor juga menurun.


Sumber:

https://www.sekolahbahasainggris.co.id/