HUBUNGAN ILMU AKHLAK DENGAN ILMU PENDIDIKAN

HUBUNGAN ILMU AKHLAK DENGAN ILMU PENDIDIKAN

HUBUNGAN ILMU AKHLAK DENGAN ILMU PENDIDIKAN

            Pendidikan tidak bisa dipisahkan dari akhlak, karena pada dasarnya tujuan pendidikan dalam islam, adalah membentuk perilaku anak didik menjadi baik dan mulia. Hakikat pendidikan adalah menyiapkan dan mendampingi seseorang agar memperoleh kemajuan dan kesempurnaan.kebutuhan manusia terhadap pendidikan beragam, seiring dengan beragamnya kebutuhan manusia. Manusia membutuhkan kebutuhan fisik untuk menjaga kesehatan fisiknya. Pendidikan etika untuk menjaga tingkah lakunya, ia membutuhkan pendidikan alam agar dapat mengenal alam, serta berbagai disiplin ilmu yang lain.

            Ilmu pendidikan dalam hal ini pendidikan islam,memang sangat erat kaitannya dengan ilmu akhlak. Menurut Asy-Syaibani, tujuan pendidikan islam sebagai berikuat :

  1. Tujuan yang berkaitan dengan individu, mencakup perubahan yang berupa pengatahuan, tingkah laku, jasmani dan rohani, dan kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki untuk hidup di dunia dan akhirat.
  2. Tujuan yang berkaitan dengan masyarakat, mencakup tingkah laku masyarakat, tingkah laku individu dalam masyarakat, perubahan kehidupan masyarakat, dan memperkaya pengalaman masyarakat.
  3. Tujuan professional yang berkaitan dengan pendidikan dan pengajaran sebagai ilmu, sebagai seni, sebagai profesi, dan sebagai kegiatan masyarakat.

Menurut Ahmad Tafsir, pendidikan islam adalah bimbingan yang diberikan oleh seseorang kepada orang lain, agar ia berkembang secara maksimal sesuai dengan ajaran islam. Singkatnya pendidikan islam adalah bimbingan terhadap seseorang agar ia menjadi muslim semaksimal mungkin.[10]

            Berkembang secara maksimal sesuai dengan ajaran islam, menjadi tujuan akhlak. Karena seseorang yang mempelajari akhlak kemudian menjalankannya sesuai ajaran islam, adalah inti dari menjalankan nilai-nilai pendidikan islam. Dengan demikian, ilmu pendidikan islam berjalan parallel dengfan ilmu akhlak. Hal ini karena keduanya sama-sama bertujuan membentuk pribadi sebagai insan kamil, yang menjalankan ajaran islam sesuai dengan tuntunan yang diajarkan Rasulullah.

  1. HUBUNGAN ILMU AKHLAK DENGAN AKIDAH DAN IBADAH

            Akidah merupakan barometer bagi setiap ucapan dan perbuatan dengan segala bentuk interaksi manusia. Berdasarkan keterangan Al-Qur’an dan Sunnah, seseorang yang beriman kepada Allah, merupakn bukti bahwa ia memiliki akhlak terpuji.

            Untuk mengetahui hubungan akhlak dengan akidah atau keimanan, terlebih dahulu dijelaskan pengertian iman. Iman menurut bahasa berarti membenarkan (at-tashdiq), sedangkan menurut syara’ adalah membenarkan dengan hati, dalam arti menerima dan tunduk pada sesuatu yang berasal dari agama Nabi Muhammad SAW. Mengenai hal ini ada yang mengatakan bahwa, selain membenarkan dalam hati, iman juga menuturkan dengan lisan, dan mengajarkan dengan anggota badan[11]. Definisi lain menyebutkan, iman adalah membenarkan Rasul tentang apa yang beliau datangkan dari Tuhannya.

https://manjakani.co.id/crowntakers-apk/