FKIP Unpatti Gelar Seminar Nasional Bimbingan Konseling

FKIP Unpatti Gelar Seminar Nasional Bimbingan Konseling

FKIP Unpatti Gelar Seminar Nasional Bimbingan Konseling
FKIP Unpatti Gelar Seminar Nasional Bimbingan Konseling

Program Studi Bimbingan Konseling Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP)

Unpatti menggelar Seminar Nasional Bimbingan Konseling yang dihadiri oleh Ketua Umum Pengurus Besar Assosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia Prof. Dr. Mungin Eddy Wibowo M.Pd. Kons, bertempat di aula PGSD, Selasa (8/11/2016).

Dalam Seminar yang bertema Aktualisasi Bimbingan Konseling Dalam Kurikulum 2013 itu, Ketua Umum Asosiasi Bimbingan Konseling Pusat berkenan melantik Badan Pengurus Daerah Provinsi Maluku yang diketuai oleh Drs. Nicodemus Hukubun, M.Pd, Sekretaris Paul Arjanto S.Pd. M.Pd dan
Bendahara Dra A.M Lusikooy M.Pd. yang dilengkapi enam bidang, masing-masing Penelitian, Pendidikan dan Latihan, Humas, Pengabdian Masyarakat, Organisasi, dan Kerjasama

Prof. Eddy Wibowo mengatakan, jumlah guru BK di Indonesia khusus untuk tingkat SMP,

SMA dan SMK diluar SD sederajat dan Mts sebanyak 40 ribu orang, sementara jumlah yang dibutuhkan 130 ribu orang berarti masih kurang 90 ribu orang guru BK.

Jumlah ini berfariasi dari latar belakang pendidikan ada yang tidak berlatar belakang bidang konseling, sehingga sangat berpengaruh terhadap kinerja guru tersebut.

Eddy Wibowo berharap, para guru konseling dengan latar belakang pendidikan yang dimiliki harus berhati-hati dalam menjalankan tugasnya sehingga tidak terjadi masalah, mengingat profesi guru BK adalah profesi yang bermartabat.

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unpatti Prof. DR.Theresia Lourens, M.Pd berharap,

Prodi Konseling dapat memanfaatkan kehadiran Prof. DR. Wibowo sebagai Ketua Umum, untuk menimba ilmu dan pengetahuan selama kehadirannya dalam seminar.

Tujuan dari Seminar Nasional Program Studi Bimbingan dan Konseling adalah; untuk memantapkan pemahaman peserta mengenai arah kebijakan pengembangan profesi BK, untuk menyusun program Bimbingan dan Konseling dalam menghadapi Kurikulum 2013.

Pemateri dalam seminar itu selain Prof. Eddy Wibowo Guru Besar BK Universitas Negeri Semarang, B.A.J Kainama S.Pd. M.Pd, Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon Beny Kainama, S.Pd. M.Pd, Pdt. Dr. Hengky Hetharia, M.Th, (Doktor dalam bidang Siwalima) dan Drs. N. Hukubun. M.Pd, serta Dra. E. Tomasila, Praktisi Pendidikan.(TM05)

 

Baca Juga :