Evaluasi Pembelajaran Tematik

  1. Hakikat penilaian

  2. Ruang Lingkup Penilaian

Penilaian dalam pembelajaran tematik adalahsuatu usaha untuk mendapatkan berbagaiinformasi secara berkala, berkesinambungan, danmenyeluruh tentang proses dan hasil daripertumbuhan dan perkembangan yang telahdicapai oleh anak didik melalui program kegiatan belajar.

Penilaian merupakan pengumpulan informasi untuk menentukan kualitas dan kuantitas belajarpeserta didik. Penilaian juga dimaksudkan untukmemperoleh, menganalisis dan menafsirkan datatentang proses dan hasil belajar peserta didikyang dilakukan secara sistematisdanberkesinambungan sehingga menjadi informasiyang bermakna dalam pengambilan keputusan.

Tujuan penilaian untuk mengetahui perkembangan yang telah dicapai anak didik selama mengikutipembelajaran. Lebih rincinya tujuan penilaian pembelajaran tematik sebagai berikut:

  1. Mengetahui percapaian indikator yang telah ditetapkan
  2. Memperoleh umpan balik bagi guru, untuk pengetahuan hambatan yang terjadi dalam pembelajaran maupun efektivitas pembelajaran
  3. Memperoleh gambaran yang jelas tentang perkembangan pengetahuan, keterampilan dan sikap siswa
  4. Sebagai acuan dalam menentukan rencana tindak lanjut (remedial, pengayaan, dan pemantapan).

Fungsi penilaian sebagai berikut :

  1. Memberikan umpan balik kepada guru untukmenyempurnakan pembelajaran.
  2. Sebagai bahan pertimbangan bagi guruuntuk membimbing perkembangan anak didikbaik fisik maupun psikis sehingga dapatberkembang secara optimal.
  3. Sebagai bahan pertimbangan bagi guruuntuk melakukan kegiatan bimbinganterhadap anak didik yang memerlukanbimbingan khusus.
  4. Sebagai bahan pertimbangan bagi guruuntuk menempatkan anak dalam kegiatanyang sesuai dengan minat dankebutuhannya.
  5. Memberikan informasi bagi orang tuatentang perkambangan yang telah dicapaioleh anak didik sebagaipertanggungjawaban.

6.Sebagai informasi kepada orang tua untukmenyesuaikan pendidikan keluarga denganproses pembelajaran di sekolah.

  1. Sebagai bahan masukan bagi berbagai pihakdalam rangka pembinaan selanjutnyaterhadap anak didik.
  2. Prinsip-prinsip Penilaian
  3. Penilaian di kelas 1 dan 2 mengikuti aturan penilaian mata-mata pelajaran lain di sekolah dasar. Mengingat bahwa siswa kelas 1 SD belum semuanya lancar membaca dan menulis, maka cara penilaian di kelas 1 tidak ditekankan pada penilaian secara tertulis.
  4. Kemampuan membaca, menulis dan berhitung merupakan kemampuan yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas 1 dan 2. Oleh karena itu, penguasaan terhadap ketiga kemampuan tersebut adalah prasyarat untuk kenaikan kelas.
  5. Penilaian dilakukan dengan mengacu pada indikator dari masing-masing kompetensi dasar dan hasil belajar dari mata-mata pelajaran.
  6. Penilaian dilakukan secara terus-menerus dan selama proses belajar mengajar berlangsung, misalnya sewaktu siswa bercerita pada kegiatan awal, membaca pada kegiatan inti dan menyanyi pada kegiatan akhir.
  7. Hasil karyakerja siswa dapat digunakan sebagai bahan masukan guru dalam mengambil keputisan siswa misalnya: penggunaan tanda baca, ejaan kata, maupun angka.

https://bobhenneman.info/underworld-empire-apk/