DAMPAK PERUBAHAN SOSIAL

DAMPAK PERUBAHAN SOSIAL

DAMPAK PERUBAHAN SOSIAL

1. DAMPAK POSITIF

Seperti yang kita tahu perubahan sosial memiliki banyak sekali dampak yang bisa disebabkan, baik itu dampak positif maupun dampak negatif. Jika di lihat dari dampak positif perubahan sosial bisa memiliki peran yang sangat bagus dalam kehidupan manusia.

Salah satu contohnya adalah perubahan di bidang teknologi, perubahan ini sangat berdampak baik bagi kehidupan manusia. Dimana kita bisa dengan mudah menambah wawasan serta informasi hanya melalui media internet saja. Selain itu perubahan teknologi membuat manusia bisa melakukan apapun dengan mudah, cepat, serta jauh lebih efisien.

Contoh lainnya datang dari banyaknya norma dan nilai yang muncul akibat kebutuhan manusia. Perubahan ini sangat positif bagi keberlangsungan hidup seseorang. Bahkan pemerintah juga ikut ambil dalam membentuk norma dan nilai sosial yang tinggi supaya masyarakat untuk ke depannya bisa memiliki jiwa sosial yang bagus dan benar.

2. DAMPAK NEGATIF

Perubahan sosial kerap kali dikenal sebagai perubahan yang buruk, hal ini bukan tanpa alasan mengingat banyak manusia yang melakukan perubahan sosial menuju jalan yang buruk. Salah satu yang terkenal adalah perubahan pada sikap dimana seseorang lebih mementingkan dirinya sendiri daripada kelompok ataupun masyarakat yang ada di sekitar lingkungan hidupnya tersebut.

Bukan hanya itu perubahan sosial juga berdampak pada melemahnya serta lunturnya nilai serta norma-norma yang telah berlaku. Bisa dengan mudah kita temukan di masa kini banyak anak muda yang telah kehilangan norma serta nilai sosial kehidupan.

Banyak dari mereka yang membuka aurat, berkata jorok, mabuk, bahkan tak sedikit yang terjerat kasus narkoba di usianya yang tergolong masih muda

Selain itu hilangnya budaya daerah semakin terasa akan kehadiran sebuah perubahan sosial, lihat saja budaya kita yang semakin lemah dan menghilang digantikan budaya luar. Banyak masyarakat mulai meninggalkan budaya lokal dengan alasan sudah ketinggalan zaman, dan beralih dengan budaya barat yang mereka katakan lebih modern ketimbang budaya lokal yang mereka miliki sendiri tersebut.


Sumber: https://konveksipekanbaru.co.id/slayaway-camp-apk/