Cara Penanganan

Cara Penanganan

Cara Penanganan
Cara Penanganan

Apabila komputer anda menggunakan OS windows yang 32 bit dan belum terinstall AV dan sudah terinfeksi suatu virus (ntah virus dari antah berantah) maka anda harus bertindak sebagai seorang dokter cinta, eh bukan tapi dokter virus. Sebagai seorang dokter virus anda harus memahami apa yang diderita oleh pasien anda, dalam hal ini adalah komputer victim. Cari tau gejala yang ditimbulkan oleh si virus tersebut, menyerang apa saja, apa saja yang diubahnya, berapa besar kapasitas virusnya, namanya apa, variannya apa, jenisnya apa, dan menggunakan nama apa. Setelah anda mengetahui semuanya anda bisa membuat suatu program removal. Bingung membuat removal, weleh2.
Untuk membuat suatu removal anda harus minim menguasai bener masalah registry windows, perintah dasar DOS, dan salah satu bahasa pemrograman seperti VB, C, Delphi, Assembly lebih bagus lagi. Tetep gak bisa bikin, gampang yang penting anda bener2 memahami registry windows. Gak ngerti semuanya, gampang juga, anda cuman harus menginstall AV terbaru. Tapi ingat untuk install ada yg gak bisa di normal mode, jadi harus lewat safe mode. Jangan lupa AV nya harus rutin di update

Untuk penanganan tanpa anti virus anda bisa dengan cara manual yaitu pertama-tama anda harus masuk ke safe mode dulu (maksudnya ???) biar virus gak aktif saat loading windows. Setelah itu anda masuk ke registry windows anda (kalo gak bisa gunakan program registry editor). Delete manual virus yang bercokol disitu trus masuk ke windows explorer, masuk ke c:>windows>system32 hapus dll virus kalo ada. Masuk ke tiap2 direktor local disk, kalo ada nama virus tersebut del aja.
Setelah semua selesai dilakukan tinggal restart aja komputer dan masuk ke normal mode dan ilang deh tu virus (asal bener2 diapus semuanya).
Selain itu anda juga bisa menggunakan program hijack, saya sudah mencoba dengan program hijack untuk membersihkan virus kalong varian terbaru. Dengan hijack saya membersihkan dengan tuntas (kayak iklan sabun). Anda juga bisa menghapus file runtime Msvbvm60.dll yang terletak pada c:>widows>system32
Untuk pencegahan biar komputer kita tidak terkena virus selain anda menggunakan AV anda juga bisa menggunakan program Deepfreeze. Deepfreeze mengembalikan komputer anda ke kondisi awal pada saat restart. jadi meskipun pada saat anda maen internet anda terkena virus, anda cuman tinggal restart aja untuk menghapusnya. Gak mau install deepfreeze gampang, anda cuman cukup menggunakan fasilitas restore pada windows anda ke kondisi saat komputer anda tidak terkena virus.
Trus bagaimana dengan worm, bagaimana cara membersihkannya. Caranya sama dengan membersihkan virus
Bagaimana juga dengan spyware seperti keylogger. Sama juga tapi untuk keylogger anda harus mematikan sistem dari keylogger pada startup windows (Matikan lewat task manager /ctrl+del). Gunakan program untuk memperbaiki registry windows seperti system mechanic.
Anda juga bisa memasang program BlackIce untuk mencegahnya

Sebenarnya banyak sekali teknik-teknik untuk membersihkan virus, worm ataupun spyware, tapi sekali lagi saya bilang kalau tidak bisa saya jabarkan disini karena keterbatasan waktu dan tempat yang kurang pas.

Yang harus anda lakukan pada komputer anda (Preventive solution):
1. Menyeleksi program yang akan masuk ke dalam komputer. Misal flashdisk, cd, dll
2. Tidak mendownload program atau kontrol activex dari internet yang kurang diyakini keamanannya.
3. Mengawasi secara rutin program-program yang berjalan otomatis saat startup windows.
4. Membackup file msdos.sys
5. Memasang sistem operasi lain atau lebih baik menggunakan OS lain seperti Linux

Mencegah Virus Di Windows
• Sebaiknya, ganti icon flash disk anda untuk menandakan adanya virus yang dapat berjalan secara otomatis.
• Karena banyak file virus yang menggunakan icon folder sebagai icon programnya, maka ada baiknya anda mengganti theme default windows xp. Misalnya anda memakai theme Windows Vista yang memiliki tampilan folder yang berbeda dari windows XP. Sehingga kalau ada icon folder windows XP, maka dapat dipastikan itu adalah file virus.
• Selalu aktifkan pilihan “show hidden files”, dan non aktifkan “Hide extensions for known file types” dan “Hide Protectes operating system files” pada folder options. Hal ini dilakukan karena banyak file virus yang ber-attribut hidden atau system. Lalu kalau ada file yang ekstensinya tidak sesuai dengan iconnya (misalnya file berekstensi .exe bericon folder), maka kemungkinan besar itu adalah file virus.
• Jangan pernah buka flash disk dengan cara langsung di klik 2x. Kalau ada virusnya, itu akan menyebabkan dijalankannya file virus. Coba biasakan membuka flash disk dari jendela folder (biasanya di sebelah kiri windows explorer). caranya menampilkannya dengan mengklik toolbar folder yang ada di sebelah toolbar search.
• Pastikan terus meng-update antivirus anda.
• Bila ada file dengan nama mencurigakan, jangan dibuka. Apalagi file dengan nama yang meggoda Kayak “cewek cantik”, “Surat Buat kamu”, dll.
• matiin autorun
Windows XP Pro.
klik start-Run and ketik “gpedit.msc” enter.
klik group policy-user configuration-administrative templates system klik 2 kali turn off autoplay. klik enable.
Windows Xp Home.
karena windows Xp home tidak ada gpeditnya. jd pke software tweakUI.
masuk ke my computer-autoplay-types. uncheck (hilangin) dua2anya.
• Disable Script.
Berguna untuk mencegah script virus menginfeksi komputer anda. biasanya file2 tersebut berekstensi .Vbs
“http://www.symantec.com/avcenter/noscript.exe”
• Nonaktifkan Hide exstensions for known file type dari folder option.
Dan set view folder anda menjadi details. agar ketahuan mana file-file yang benar -benar dokumen dan mana file-file yang hanya menyamar sebagai icon dokumen.
Cara lain adalah mengganti icon dokumen anda menjadi icon yang unik.
klik tools-folder option-file type-pilih DOC-advance-change icon-pilih icon yang unik yang lain daripada icon doc default. jadi anda akan tau mana file doc yang asli dengan icon baru dan mana file virus yang menyamar dengan icon Microsoft
• Gunakan FD Guard untuk mencegah file2 virus menginfeksi komputer ketika memasukan flashdisk ke dalam komputer. Amat Disarankan!!!
Software ini mencegah komputer tertular virus dari flashdisk dengan cara merename file” .Exe .Scr .Bat .Com .Vbs menjadi .Ex_ .Sc_ .Ba_ .Co_ .Vb_ jadi sebelum sepet nular file virusnya udah mati suri duluan.
• kekurangan. cuma check root drive gak sampe folder.
dia juga ngerubah program .Exe yang di root drive walau bukan virus. tapi bisa dikembalikan dengan mengembalikan .Ex_ jadi .Exe
jadi saran saya pindahkan software yang di root drive ke dalam folder biar gak kena juga.

Sumber : https://downloadapk.co.id/