Cara Meningkatkan Listening Bahasa Inggris

Cara Meningkatkan Listening Bahasa Inggris

Cara Meningkatkan Listening Bahasa Inggris
Cara Meningkatkan Listening Bahasa Inggris
Dalam pembelajaran bahasa Inggris, kita selalu dihadapkan dengan Reading, writing, speaking and listening. Karena memang begitulah belajar berbahasa. Sebenarnya, bagaimana tahapan yang benar dalam belajar berbahasa ini??? urutan seperti apa yang dapat kita gunakan agar mempermudah kita belajar bahasa Inggris ini. Untuk itulah, kali ini saya ingin membagi pengalaman saya dalam belajar bahasa Inggris khususnya dalam hal listening, ke-empat stage diatas selalu saya susun menjadi 4 tahapan sebagai berikut :
  1. Reading
  2. Listening
  3. Speaking
  4. Writing
Namun, dalam kesempatan ini, saya hanya akan membahas tentang stage ke 2 yaitu Listening. Banyak yang merasa kesulitan, bahkan stress karena tidak mengerti apabila native speaker berbicara, salah satu kelemahan kita ya…. hahhah, kuharap ini akan sedikit membantu, dengan penjelasanku tentang bab listening ini.
  • Listening TIDAK SAMA dengan reading.

Kenyataan ini yang masih saya sayangkan oleh mereka yang sedang belajar listening, bahwa mereka menganggap listening itu sama dengan membaca. di sekolah ataupun di tempat kursus kita memang diajarkan tentang bagaimana membaca dalam bahasa inggris supaya mengerti perkataan native, namun perlu di ketahui bahwa stage 1 yaitu READING adalah stage dimana kita memperkaya vocabulary bahasa inggris kita, dalam hal listening, kita tidak akan dapat mengikuti keseluruhan kalimat yang digunakan atau yang diucapkan, bahkan mungkin kita saja yang mendengarkan percakapan dalam bahasa indonesia, tidak semua ucapan kita olah kan, dalam otak kita. begitupun dalam listening . Jangan menyamakan listening dengan membaca, karena banyak phrase dalam bahasa inggris yang tidak akan bisa ditranslate kedalam bahasa indonesia seperti idiom, methapor, simile.
  • Jangan Translate

Mungkin kesalahan ini bukan hanya anda yang pernah melakukannya, sayapun dulu sering sekali melakukan hal ini, mentranslate apapun yang saya dengar ke dalam bahasa indonesia tercinta kita, mungin dengan begitu mindset kita terbentuk bahwa akan lebih mudah mempelajari listening dengan mentranslate, namun saya ketahui bahwa dengan mengerjakan atau mentranlate dari Inggris ke Indonesia lalu kita translate ke Inggris lagi, merupakan pekerjaan yang sia sia, energi kita akan habis, bahkan sebelum sampai kita mengerti maksud dari apa yang kita dengar. Cara yang terbaik adalah mengerti, dalam stage 1 yaitu reading, kita diberikan amunisi berupa vocabulary yang dapat ita gunakan dalam stage 2 ini yaitu listening, cari kata yang anda mengerti lalu gabungkan dan buatlah kesimpulan, kira kira apa yang dibicarakan oleh si speaker ini.
  • Don’t be perfectionist

Tak ada yang akan mengerti 100% yang dikatakan oleh seseorang, apalagi kita sebagai pelajar ESL, karena bagaimanapun pemahaman 100 % akan sangat sulit untuk dicapai, dapat mengerti 60% – 80% dari apa yang diucapan dengan menghubungkan kata yang telah dipelajari di stage reading,itu cukup untuk kita memahami maksud dari pembicaraan si speakers.jadi saran saya… gak usahlah mengerti semuanya, cuup poin poin nya aja.
Setelah kita tau apa yang tidak boleh dilakukan dalam pembelajaran listening, kini saatnya kita kupas bagaimana meng-improve listening skill kita.
  • Listen

Untuk tahap awal, cari video pembelajaran bahasa inggris yang berdurasi kira kira 5-7 menit, usahakan yang ada subtitle inggris yang bisa disembunyikan, dengarkan 2 atau 3 kali, lalu simpulkan apa yang anda dengar.setelah anda dapat memahami video yang berdurasi pendek, lanjutkan dengan video yang berdurasi lebih panjang, sekitar 10 – 15 menit, mulai bertahap sampai anda mampu menyimpulkan perkataan dari video – video itu.
  • Listen and read

Inilah gunanya mencari video yang mempunyai subtitle inggris, setelah mendengarkan 2 sampai 3 kali saatnya, anda mendengar sambil membaca apa yang dikatakan, secepat mungkin saat anda mendengar native berbicara, dan terdapat text inggris, maka anda harus mengikutinya. READING.dan SPEAKING ini diperlukan agar anda mampu mengoneksikan antara suara dan pendengaran.
  • Listening News

Nah… ini baru latihan listening yang sesungguhnya, adan bisa saja tidak mendengarkan berita dalam bahasa inggris dan mau menggantinya dengan sesuatu yang anda suka, misalnya music, pertandingan bola, atau acara gosip, ” listen, get a clue, and conclude.
Sampai disini dulu cerita tentang pengalamanku dalam belajar listening, semoga mampu menjawab pertanyaan dari teman teman tentang bagaimana belajar listening yang baik,
see you…..