Cara Menanam Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga Subur – Banyak masyarakat tertarik terhadap bunga mawar merah sebab keindahan warna dan bentuknya yang indah. Bau bunga ini pun begitu wangi sehingga tidak sedikit digandrungi oleh kaum wanita. Oleh karena tersebut bunga mawar juga tidak sedikit digunakan untuk dekorasi rumah maupun sekian banyak acara.

Cara menempatkan bunga mawar di dalam pot tidaklah sulit, yang dibutuhkan yaitu keinginan dan kemauan kuat guna belajar. menempatkan mawar di dalam pot sangatlah gampang dan sederhana, namun pun memerlukan perlakuan secara eksklusif juga. Di samping menjaga keperluan nutrisi tumbuhan ini, kita pun harus memperhatikan keperluan air supaya tidak kelemahan air.

Cara Menanam Mawar

Persiapan bibit bunga
Bibit bunga mawar merah dapat di beli di toko pertanian, atau juga dapat menggunakan batang bunga mawar yang telah ada. Ushakan guna memilih batang yang telah tua, ini bertujuan untuk menciptakan bunga mawar dapat tumbuh dengan cepat.

  • Pilih batang bunga mawar yang telah tua dan lantas potong selama 10cm.
    lalu siapkan media semai di polybag atau pot yang sudah diisi gabungan pupuk dan tanah.
  • Kemudian angin-anginkan media semai sekitar 15 hari.
  • Buat lubang semai dengan ukuran 3 atau 4 cm.
  • Masukkan batang bunga mawar yang sudah di stek kedalam media semai.
  • Tutup lubang dengan tanah lantas letakkan di lokasi yang terlindung dari hujan dan sinar matahari langsung.

Menyiapkan media tanam
Media tanam didalam pot berisi gabungan pupuk kendang, tanah dan psir dengan komparasi 1:4:1. Campurkan seluruh bahan sampai merata lantas biarkan sekitar 15 hari. Disarankaan memakai pot atau polybag dari tanah. Karena pot ini mempunyai system saluran yang paling baik. Jangan memakai pot yang terlampau kecil karena dapat mengganggu perkembangan bunga mawar. Minimal pakai pot dengan ukuran 25 cm.

Menanam bunga mawar merah
Bibit bunga mawar yang telah mulai tumbuh dapat dipindahkan ke media tanam. Siapkan pot yang telah terisi media tanam sampai separuh bagian. Kemudian masukkan bibit bunga mawar tepat ditengah-tengah pot dan tutup lau bibit bunga sampai pot penuh. Setelah tersebut tekan media tanam secara perlahan supaya bibit bunga dapat berdiri tegak dan tidak gampang roboh saat disiram. Jika telah selesai menempatkan maka letakkan pot di lokasi yang tidak terpapar hujan dan sinar matahari secara langsung.

Perawatan dan pemeliharaan bunga mawar
Perawatan dan pemeliharaan bunga mawar merah sangat lah urgen untuk dilaksanakan ketika kita menempatkan bunga mawar merah. Perawatan dalam budidaya bunga mawar yaitu mencakup penyiangan dan penyiraman tanaman. Siram tumbuhan secara rutin, sekali atau dua kali sehari, urusan ini tergantung situasi media tanam. Jangan terlampau berlebihan ketiak mengguyur air, sebab akan menciptakan tanaman cepat busuk. Lakukan penyiangan guna mebersihkan tumbuhan dari pengganggu, gulma dan rumput liar.

Kebutuhan akan bagian hara pun harus diperhatikan supaya tanaman dapat tumbuh subur berikan sumber nutrisi yang baik dengan teknik melakukan pemupukan dengan teknik menaburkannya di dekat tanaman. Usahakan guna pupuk tidak menyentuh batang tumbuhan secara langsung.

Sumber: FAUNADANFLORA.COM