Biasanya, berapa banyak darah yang akan keluar selama postpartum?

Di masa nifas, atau setelah persalinan normal atau sesar, darah akan keluar dari vagina. Menurut Queensland Health, pendarahan ini normal. Namun, itu juga bisa menunjukkan masalah serius jika ada banyak pendarahan. Sebenarnya, berapa banyak darah yang normal saat melahirkan?

Idealnya, berapa banyak darah yang keluar selama masa nifas?
Selama kehamilan, pembuluh darah mengalir antara uterus dan plasenta. Setelah melahirkan, pembuluh darah akan terbuka menyebabkan perdarahan.

Selanjutnya, rahim akan mengalami proses pemulihan selama masa nifas. Masa nifas dihitung sejak ibu melahirkan, hingga 6 minggu kemudian.


Dalam proses pemulihan, rahim akan berubah ukuran sebelum kehamilan (involusi). Penyempitan rahim menyebabkan tubuh berdarah dari luka yang dikandungnya. Selain pelepasan banyak darah selama masa nifas, rahim juga akan berkontraksi selama 7-10 hari.

Nah, darah yang keluar selama masa nifas disebut lochia (lokia). Jumlah darah lebih tinggi dari menstruasi yang biasanya terjadi. Perdarahan postpartum pada hari-hari awal membutuhkan penggantian elektroda setiap satu atau dua jam. Pendarahan hebat ini umumnya terjadi dalam 1 hingga 2 hari.

Saat Anda bangun untuk pertama kalinya setelah melahirkan, darah juga bisa mengalir ke kaki Anda. Namun, tenang, jangan panik. Ini terjadi karena sebelumnya darah terkumpul di vagina ketika Anda duduk dan berbaring. Ketika tubuh Anda ereksi, darah yang terkumpul akan secara otomatis mengalir melalui kaki Anda.

cara menggunakan pembalut

Jumlah darah yang keluar saat melahirkan biasanya akan berkurang setiap hari. Dalam beberapa minggu, sekitar 4-6 minggu, darah akan berubah menjadi bercak dan akhirnya berhenti. Bagi beberapa wanita, perdarahan mungkin berhenti lebih cepat, jadi Anda tidak perlu khawatir jika itu terjadi.

Selain jumlah darah yang keluar selama masa nifas, warna darah juga akan berubah seiring waktu. Dari merah terang, hingga coklat, lalu kekuningan dan akhirnya ke sekresi vagina normal. Ini berarti rahim Anda telah menyelesaikan proses pemulihan setelah melahirkan.

Tidak hanya warnanya, Anda juga bisa menemukan gumpalan darah yang keluar. Biasanya nodul keluar 24 jam setelah melahirkan dengan berbagai ukuran. Dimensi akan berkurang atau bahkan hilang dalam beberapa hari.

Jumlah darah selama masa nifas yang mulai berkurang dapat meningkat dan warnanya menjadi lebih gelap. Ini bisa terjadi ketika Anda melakukan aktivitas berat atau terlalu banyak bergerak. Agar darah kembali normal, perlu istirahat lebih banyak.

Lantas apa perdarahan saat persalinan yang tidak normal?
dokter kandungan
Pendarahan abnormal ditandai dengan jumlah darah yang keluar dari vagina berlebihan. Kondisi ini dapat terjadi 24 jam setelah melahirkan atau dalam waktu 12 minggu setelah melahirkan. Namun, berapa banyak darah nifas yang dianggap abnormal?

Sekarang, untuk mengetahui jumlah darah nifas yang tidak normal, pertimbangkan berapa kali perlu mengganti elektroda. Jika perlu mengganti elektroda lebih dari satu setiap jam, dapat dikatakan bahwa perdarahan postpartum tidak normal.

Selain pendarahan yang berlebihan, gejala lain yang perlu dipertimbangkan termasuk:

Darah nifas tidak berkurang setiap hari, tetapi bahkan lebih
Demam dan tubuh terasa lelah
Darah yang keluar berbau busuk
Ukuran bekuan darah lebih besar dari bola golf atau tidak berkurang ukurannya dan tidak hilang seiring waktu.
Pendarahan berlebihan selama masa nifas adalah kondisi serius. Jika salah satu gejala yang disebutkan terjadi, langkah terbaik adalah segera berkonsultasi dengan dokter .

Baca juga :