Bagan dan Padanan OSI dan TCP/IP

Persamaan antara model OSI dan TCP/IP antara lain :
1)      Keduanya memiliki layer (lapisan).
2)      Sama – sama memiliki Application layer meskipun memiliki layanan yang berbeda.
3)      Memiliki transport dan network layer yang sama.
4)      Asumsi dasar keduanya adalah menggunakan teknologi packet switching.
5)      Dua-duanya punya transport dan network layer yang bisa diperbandingkan.
6)      Dua-duanya menggunakan teknologi packet-switching, bukan circuit-switching ( Teknologi Circuit-Switching digunakan pada analog telephone).
Perbedaan antara model OSI dan TCP/IP antara lain :
1)      TCP/IP menggabungkan presentation dan session layers kedalam application layers.
2)      TCP/IP menggabungkan OSI-data link dan physical layers kedalam network access layer.
3)      TCP/IP Protocol adalah standar dalam pengembangan internet.

D.    DNS (Domain name System)

1.      Pengertian
Adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet.
DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surat elektronik (email) untuk setiap domain.
DNS adalah (Domain Name System) yang juga memiliki arti untuk mengidentifikasi setiap komputer sebagai titik dalam suatu jaringan Internet yang menggunakan bantuan sistem protokol internet adress untuk menerjemahkan dari suatu nama domain ke IP dan begitu juga sebaliknya.
Domain Name System ini merupakan sistem penamaan hirarkis yang nantinya didistribusikan untuk suatu komputer, jasa, atau sumber daya terhubung ke Internet maupun jaringan pribadi.
DNS biasanya digunakan sebuah Layanan Nama Domain untuk menyelesaikan permintaan untuk nama-nama website menjadi alamat IP untuk tujuan menemukan layanan komputer serta perangkat di seluruh dunia.
Sekedar informasi, Domain Name / nama domain adalah salah satu komponen penting dari fungsi Internet yang sering kita gunakan ini.