Apa sebenarnya resolusi 4K dan mengapa disebut demikian

Apa sebenarnya resolusi 4K dan mengapa disebut demikian?’

 

 

Apa sebenarnya resolusi 4K dan mengapa disebut demikian
Apa sebenarnya resolusi 4K dan mengapa disebut demikian

Selamat datang di TNW Basics , kumpulan kiat, panduan, dan saran tentang cara mudah memaksimalkan gadget, aplikasi, dan hal-hal lainnya.

Pernah mendekati teknologi dalam beberapa tahun terakhir? Maka Anda pasti akan melihat 4K terpampang di hampir setiap layar atau sedikit media. Tapi apa sebenarnya adalah itu? Dan mengapa disebut demikian?

Yah, kita sudah mendapat jawabannya!

Apa itu 4K?
Pada dasarnya, ini adalah jenis resolusi tampilan.

Dan resolusi apa?
Ketika datang ke tampilan dan layar, resolusi hanyalah jumlah piksel (titik berwarna AKA) yang dapat mereka tampilkan. Ini diterjemahkan langsung ke tingkat detail yang dimiliki gambar.

Biasanya, ini dijelaskan dengan menyatakan jumlah piksel di lebar dan tinggi layar masing-masing. Sebagai contoh, resolusi 1080p adalah untuk layar yang menampilkan 1.920 piksel secara horizontal dan 1.080 secara vertikal.

Sederhana bukan?

Jadi apa resolusi 4K?
Meskipun ini mungkin tampak seperti pertanyaan sederhana, jawabannya sedikit lebih kompleks daripada yang Anda pikirkan. Pada dasarnya, ada dua format 4K yang diterima: satu digunakan di televisi dan satu digunakan di bioskop.

Standar televisi – yang paling mungkin Anda temui – memiliki resolusi 3.840 x 2.160. Secara teknis, ini sebenarnya

disebut sebagai “UHD,” atau “definisi sangat tinggi.” Itu sebabnya Anda akan sering melihat TV bermerek 4K UHD, bukan hanya 4K.

Definisi lain dari 4K berasal dari bioskop. Proyektor 4K tidak memiliki resolusi horizontal 3.840 seperti TV. Sebagai gantinya, mereka memiliki lebar 4.096 piksel. Ini ditetapkan oleh Digital Cinema Initiatives (DCI) , yang merupakan organisasi yang dibentuk oleh studio film besar untuk mencoba dan menstandarisasi pengalaman sinema modern.

Menariknya, karena film dapat direkam dalam rasio aspek yang berbeda (lihat bagian Basics yang akan datang), tidak ada batasan yang ditetapkan pada jumlah piksel vertikal pada proyektor 4K.

Jadi, sederhana, apa resolusi 4K di TV?
Untuk mengulangi, itu adalah layar yang menampilkan 3.840 piksel secara horizontal dan 2.160 vertikal. Ini berarti memiliki piksel empat kali lebih banyak daripada layar 1080p (yang merupakan standar HD lama).

Dan mengapa ini disebut 4K?
Sekali lagi, ini adalah pertanyaan sulit untuk dijawab daripada yang mungkin Anda pikirkan. Seperti yang kami

sebutkan, format bioskop 4K yang ditetapkan oleh DCI memiliki lebar 4.096 piksel, ergo “4K.”

TV, di sisi lain, hanya memiliki 3.840 piksel pada sumbu horizontal – yang berarti mereka tidak secara teknis 4K. Tetapi karena kedengarannya keren, hampir semua orang menyebutnya sebagai 4K, tetapi mereka secara teratur memukul “UHD” tersebut untuk sedikit lebih detail.

Bisa juga agak membingungkan bahwa kita beralih dari resolusi 720p dan 1080p (ini adalah pengukuran jumlah piksel vertikal ) menjadi 4K (yang merupakan jumlah piksel horizontal ). Demi konsistensi, 4K seharusnya disebut 2160p.

Tapi kenapa tidak? Satu-satunya jawaban yang masuk akal adalah 4K terdengar luar biasa dan futuristik, sementara

2160p tidak.

Semoga panduan ini membantu Anda memahami resolusi 4K, apa arti sebenarnya, dan mengapa disebut demikian. Jika Anda ingin beberapa topik spesifik yang dicakup dalam Dasar , beri tahu kami di Twitter .

Sumber:

https://pesantrenkilat.id/seva-mobil-bekas/