Apa Iya Charger Nexus 5X dan Nexus 6P Berpotensi Membahayakan

Apa Iya Charger Nexus 5X dan Nexus 6P Berpotensi Membahayakan?

 

Apa Iya Charger Nexus 5X dan Nexus 6P Berpotensi Membahayakan
Apa Iya Charger Nexus 5X dan Nexus 6P Berpotensi Membahayakan

NGONOO.com – Kok kayaknya serem ya, charger Nexus 5X dan Nexus 6P punya potensi bahaya.

Ane masih gak percaya kalau salah satu smartphone idaman masuk dalam daftar charger smartphone yang membahayakan. Kenapa sih kok bahaya? Bahayanya bagaimana? Yuk kita caritau.

Nexus 5X dan Nexus 6P adalah smartphone yang rilis September 2015 lalu, saat ini Nexus 5X dibandrol dengan harga Rp 5-6 jutaan. Sedangkan Nexus 6P di bandrol dengan harga Rp 7-8 jutaan. Ketika membeli sebuah smartphone, aksesoris yang wajib ada biasanya adalah charger, kenapa charger? Karena output tenaga listrik yang dihasilkan sudah disesuikan dengan kapasitas smartphone bawaan.

Nexus 5X

Jadi gimana kalau misalnya charger kelupaan ditinggal di rumah, terus pakai charger orang lain misalnya, apakah itu bahaya buat smartphone kita? Gak juga sih sob, tapi alangkah baiknya kalau kita mengetahui besaran ouput dari charger smartphone yang kita punya, dan pinjam charger punya orang lain yang outpunya setara dengan charger yang kita punya.

Berikut adalah sebuah video seorang youtuber bernama Nathan K. yang baru-baru ini mengundang banyak respon, dimana dirinya memperlihatkan kalau charger Nexus 5X dan Nexus 6P berpotensi membahayakan bagi smartphone lain.

Nathan K. mengungkapkan kalau charger Nexus 5X tak dilengkapi dengan pengaman dan membuatnya

terus-menerus mengeluarkan daya 5V/3A setiap waktu. Charger untuk produk berkualitas umumnya memiliki pengaman voltase yang berfungsi untuk membuat charger tak mengeluarkan daya kecuali charger terhubung dengan ponsel dan dipakai untuk mengisi baterai.

Hal ini menjadi bahaya ketika charger tetap tertancap di dinding sementara baterai smartphone sudah selesai terisi dan tidak digunakan lagi, karena charger akan terus mengeluarkan energi listrik dan berpotensi membuat orang yang tak sengaja menyentuhnya terkena sengatan listrik. Gak cuma itu, hal ini juga membuatnya tak cocok untuk dipakai mengisi smartphone lain.

Hal ini berlaku untuk charger Nexus 6P, dimana charger awalnya tak menghasilkan output 5V/3A selama dipakai

dengan kabel bawaan. Namun ketika kamu menghubungkannya dengan kabel pintar seperti kabel Lightning untuk iPhone dan iPad, charger akan langsung menghasilkan output yang berlebih, baik ketika terhubung dengan ponsel ataupun ketika menganggur.

Mulai sekarang biasakan untuk segera mencabut charger setiap kali kamu selesai mengisi baterai smartphone, dan gunakanlah charger dengan kabel yang sesuai. Sehingga tidak membahayakan dirimu dan smartphonemu.

Sumber:

https://balikpapanstore.id/castle-crush-apk/